Usai Setnov, KPK Bidik Nama-nama Besar Lain

Ketua KPK, Agus Rahardjo, (kanan) dan Wakil Ketua Basaria Panjaitan (kiri).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi menyiapkan bukti-bukti untuk menjerat anggota DPR lain yang diduga terlibat korupsi e-KTP seperti Ketua DPR Setya Novanto. Hal ini mengacu disebutnya sejumlah nama anggota DPR dalam dakwaan terdakwa kasus e-KTP, Irman dan Sugiharto.

Polisi Didesak Segera Usut Pernyataan Agus Rahardjo Soal Jokowi Stop Kasus e-KTP

"(Tersangka baru) Itu tidak menutup kemungkinan, karena seperti yang Anda saksikan di dakwaan pertama itu cukup banyak," kata Ketua KPK Agus Rahardjo di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu 19 Juli 2017.

Namun, Agus menekankan, penyidik KPK tidak akan tergesa-gesa menetapkan para anggota DPR atau pejabat lain menyusul status tersangka seperti Novanto. Menurut dia, semua sedang dimatangkan bukti-buktinya.

"Jadi kita tunggu hasil pemeriksaan yang baru ini. Kita tunggu juga proses persidangan, itu menjadi bahan kami untuk meneruskan langkah lagi," ujar Agus.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Baca Juga: Deretan Politikus yang Bantah Nikmati Duit E-KTP

Seperti diketahui, dalam pembacaan dakwaan jaksa penuntut umum KPK kepada Irman dan Sugiharto, disebut sejumlah anggota DPR diduga menikmati aliran dana korupsi e-KTP. Beberapa elite politikus ini berasal dari sembilan parpol.

Sebut Jokowi Intervensi Kasus e-KTP, Agus Rahardjo Diadukan ke Bareskrim

Nama elite politikus mulai Ketua Umum Golkar Setya Novanto, mantan Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum, mantan Ketua Banggar DPR Melcias Marchus Mekeng, sampai eks Ketua DPR Marzuki Alie dan Ade Komarudin.

Ada juga mantan anggota DPR yang sekarang menjadi pejabat negara ikut disebut dalam dakwaan seperti Menkumham Yasonna Laoly, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. (ase)

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024