Gempa Jawa, Jokowi: Alhamdulillah Tak Terjadi Apa-apa

Presiden Jokowi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

VIVA – Gempa yang melanda Jawa Sabtu dinihari tadi mendapat perhatian dari Presiden Joko Widodo. Jokowi mengaku terus memantau kondisi gempa pada malam hingga pukul 03.00 WIB. Dia bersyukur, karena tingkat kesadaran masyarakat akan bencana menurutnya cukup bagus.

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

"Masyarakat merespons langsung peringatan yang diberikan mengenai kemungkinan adanya tsunami dan mengevakuasi mandiri yang diarahkan oleh aparat-aparat kita dengan membunyikan peringatan-peringatan. Saya kira ini sebuah hal yang sangat baik dan alhamdulilah sudah tidak terjadi apa-apa," ujar Presiden Jokowi, usai Apel dan Kemah Kebangsaan, di Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu 16 Desember 2017.

Jokowi mengatakan, kini masyarakat sudah kembali ke rumah masing-masing. Ia mendapat laporan, ada korban jiwa dari gempa malam tadi. "Saya mendapatkan laporan bahwa ada 3 orang yang meninggal dan ada puluhan rumah yang rusak," katanya.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Atas sejumlah kerusakan itu, mantan Gubernur DKI itu memastikan akan terus memantau prosesnya. Sembari meminta masyarakat untuk tetap dan terus waspada. "Terutama yang berada di tengah laut karena itu bisa menimbulkan tsunami," katanya mengingatkan.

Meski begitu, Jokowi menilai masyarakat juga tidak perlu resah kalau terjadi bencana gempa. Cara-cara yang dilakukan pada saat gempa tadi, menurutnya cukup baik untuk menjadi contoh ke depan. "Peristiwa tadi malam menunjukkan bahwa peringatan dan evakuasi mandiri suatu yang bagus karena negara kita memang dikeliling oleh titik gempa." (mus)

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024