Gempa Sumatera Barat

Australia Siapkan Sarana Pendidikan di Padang

VIVAnews - Menteri Luar Negeri Australia Stephen Smith menyatakan, siap membantu proses rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa Sumatera Barat, pemerintah Australia menyiapkan anggaran sebesar AUS $ 10 juta hingga 12 juta.

"Ini bentuk kerjasama kedua negara, terutama kerjasama antara TNI dan Australian Devence Force (ADF)," kata Stephen Smith di posko gempa Sumbar, saat berkunjung ke Padang, Rabu, 21 Oktober 2010.

Smith mengaku, pemerintah Australia fokus untuk membangun fasilitas pendidikan dan kesehatan yang rusak akibat gempa 30 September 2009.

Man Utd Dapat Rejeki Nomplok Usai Dortmund Picu Klausul Jadon Sancho, Cuan Besar Menanti

Sebelumnya, Smith mengatakan, Perdana Menteri Australi telah bertemu dengan Presiden SBY untuk membahas masalah penanganan gempa di Sumatera.

"Perdana Menteri Australia dengan presiden (SBY) sempat bertemu. Selama ini hubungan sudah baik dan akan menjadi lebih baik pada masa mendatang," kata Smith.

Menlu Stephen Smith sempat meninjau lokasi pengelolaan air asin menjadi air tawar milik ADF di pantai Purus. Ia sempat meninjau kondisi terakhir di lokasi tersebut  dan berkunjung ke Posko Satkorlak penanganan bencana di gubernuran.

Pada masa tanggap darurat, pemerintah Australi juga telah menyalurkan AUS D 4 juta untuk search and rescue. Ia mengaku, pemerintah Australi telah memiiliki kerjasama dengan pemerintah Indonesia terkait program pembangunan sekolah.

Smith mengatakan, tahun lalu 1.000 sekolah telah dibangun di Sulawesi Selatan. Targetnya, kerjasama school building program akan merampungkan 2.000 sekolah. "Kita sudah berpengalaman untuk hal itu," kata Smith.

Laporan: Eri Naldi | Padang

Lokasi kebakaran toko frame di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

Janji Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Jaksel: Tanggal 20 Mau Pulang, Malah Pulang Selamanya

Kebakaran yang melanda toko frame, bernama Saudara Frame, menyebabkan 7 korban jiwa meninggal dunia seketika di lokasi. Api melahap dengan cepat ke seluruh toko 4 lantai.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024