Kemenhub Antisipasi Longsor Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aji YK Putra

VIVA – Kementerian Perhubungan mengantisipasi bahaya longsor di beberapa titik wilayah yang akan dilalui jalur pemudik untuk musim Natal dan Tahun Baru 2018. 

Menhub Ikut Lepas Ekspor 262 Gerbong Barang ke Selandia Baru

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, antisipasi itu dilakukan khususnya pada jalur moda angkutan darat yang mengangkut penumpang dalam jumlah banyak. 

"Longsor itu ada di mana-mana, baik itu (jalur) kereta api maupun jalan-jalan raya," kata Budi dikutip dari keterangan resminya, Kamis 14 Desember 2017. 

KAI Tolak 10.432 Penumpang saat Libur Natal, Ini Alasannya

Budi mengatakan, Kemenhub telah menulis surat kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk membantu upaya ini. Alat berat pun diminta untuk disiapkan apabila terjadi longsor di suatu wilayah agar segera tertangani. 

"Bahkan traktor dimungkinkan untuk menyelesaikan longsor bisa secepat mungkin," kata dia. 

Jalur Puncak Bogor Padat Merayap Diserbu Wisatawan Jelang Libur Natal

Selain bahaya longsor, Kemenhub juga tengah menginvetarisasi sejumlah proyek jalan untuk dihentikan sementara ketika arus mudik Natal berlangsung. Puncak mudik diprediksi bakal dimulai 22-24 Desember 2017.

"Beberapa lokasi proyek yang kami harapkan mulai tanggal 21 Desember sampai tanggal 2 Januari tidak beroperasi. Dan kami minta juga pagar-pagar yang tidak berguna mengakibatkan jalan itu sempit, dibongkar," kata dia.

Menhub Budi Karya Sumadi saat mengunjungi calon bandara penunjang IKN.

Menhub Tinjau Lokasi Calon Bandara Penunjang Ibu Kota Baru

Menhub menjelaskan telah melakukan penelitian atau studi penentuan lokasi calon bandara baru yang lokasinya sangat strategis yaitu berada di antara kawasan IKN.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022