Marsekal Hadi Jadi Panglima TNI, Kursi KSAU Masih Kosong

Marsekal Hadi Tjahjanto saat menjabat KSAU.
Sumber :
  • Facebook.com/TNI Angkatan Udara

VIVA – Sepeninggal Marsekal Hadi Tjahjanto yang dipercaya menjadi Panglima TNI, belum ada yang menduduki kursi jabatan Kepala Staf TNI Angkatan Udara.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Terkait hal ini, Hadi menuturkan, sosok calon penggantinya sebagai KSAU masih dibahas untuk dipertimbangkan. Dan nanti Presiden Jokowi sebagai Panglima tertinggi angkatan bersenjata memutuskan sosok yang tepat untuk mengisi pos pertahanan udara ini. 

"Belum. Masih proses," kata Hadi di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin 11 Desember 2017.

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1.025 Prajurit Pilihan ke Kongo

Hadi mengatakan, pertemuannya dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor hanya meminta arahan di hari pertamanya resmi bekerja. 

Ia berharap, kebijakannya nanti memimpin satuan di tiga angkatan bisa selaras dengan visi-misi pemerintah dalam hal menjaga pertahanan dan keutuhan NKRI. 

Wakasal Laksdya TNI Erwin Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI AU

"Hari ini hari pertama saya kerja, wajar kalau saya mohon pengarahan ke panglima tertinggi, yaitu presiden. Supaya yang saya lakukan juga sinkron," ujarnya. 

Di tubuh TNI AU ada beberapa nama yang layak menggantikan Hadi untuk mengisi jabatan KASAU. Salah satu syaratnya ialah jenderal bintang tiga atau dengan pangkat Marsekal Madya (Marsdya). 

Mereka di antaranya, Wakasau Marsdya Yuyu Sutisna, Wakil Gubernur Lemhanas Marsdya Bagus Puruhito, Sekjen Kementerian Pertahanan Marsdya Hadiyan Sumintaatmadja, Kepala Badan SAR Nasional Marsdya M. Syaugi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya