Ini Titik Rawan Macet Parah Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Ilustrasi macet libur panjang
Sumber :
  • ANTARA Foto/Yulius Satria Wijaya

VIVA – Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia telah melakukan pemetaan terhadap wilayah yang bakal terjadi kemacetan parah libur Natal dan pergantian tahun 2018. 

Jalur Puncak Bogor Padat Merayap Diserbu Wisatawan Jelang Libur Natal

Kepala Sub Bagian Pengendalian Operasional, Korlantas Polri, Ajun Komisaris Besar Polisi, Subono mengatakan, wilayah rawan macet itu terdapat di Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak, di Gerbang Tol Cikupa arah Merak. 

Jalan Tol Jakarta-Cikampek yaitu di Cikunir, di KM 02-KM 17 proyek Light Rail Transit atau LRT arah Cikampek, KM 10-KM 37 lajur empat ditutup arah Jakarta dan Cikampek.

Kota Bekasi Berlakukan Tiga Titik Penyekatan Selama Libur Nataru

Macet di wilayah ini karena adanya proyek Cikampek Elevated, dan KM 37-KM 47 bahu jalan ditutup arah Jakarta-Cikampek karena ada proyek Cikampek Elevated. 

Lalu, kemacetan juga akan terjadi di exit tol Pejagan, exit tol Brebes Timur, jalan Tol Jagorawi, dan rest area sepanjang jalan tol. 

Libur Natal dan Tahun Baru, Mobil Ini Dilarang Lewat Jalan Tol

"Untuk yang di Tol Jagorawi perlu kami antispasi. Kami akan lakukan pengaturan mulai dari Ciawi nanti buka tutup, situasional," kata Subono di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, 11 Desember 2017. 

Subono juga telah mempersiapkan langkah alternatif apabila nantinya ada penumpukan kendaraan di ruas jalan tol. "Kalau terjadi kemacetan kami akan lakukan contra flow,” ujarnya.

Penumpang KAI

KAI Tolak 10.432 Penumpang saat Libur Natal, Ini Alasannya

Pada periode libur Natal yakni 24-26 Desember 2021, PT KAI melayani 146.634 pelanggan KA Jarak Jauh atau rata-rata 48.878 pelanggan per hari.

img_title
VIVA.co.id
27 Desember 2021