Budi Waseso Tuding BPOM-Kemenkes Tak Peduli Kasus Pil PCC

Kepala BNN, Komjen Budi Waseso (baju biru)
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Kepala Badan Nasional Narkotika Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso menuding Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Kementerian Kesehatan tak peduli terhadap kasus peredaran dan penyalahgunaan pil PCC (paracetamol, caffeine, carisoprodo)

Stabilkan Harga Pangan, Bulog Gelar Operasi Pasar di Jakarta

Saat menyampaikan kuliah umum di Universitas Bung Hatta, Padang, pada Senin, 11 Desember 2017, Waseso menceritakan ketidakpedulian tampak ketika BNN mengajak BPOM dan Kemenkes bekerja sama memberantas pil PCC yang dilarang sejak tahun 2013. BPOM dan Kemenkes beralasan itu bukan wewenang mereka.

BPOM, katanya, menyatakan pada tahun 2013 bahwa pil PCC dilarang di Indonesia, obat dari India yang diperuntukkan obat rematik. Tapi BPOM membiarkan.

Buwas Lapor Wapres, Ada Mantan Pengurus Kuasai Aset Pramuka

"Saya sudah mengajak BPOM dan Kemenkes untuk kerja sama tapi mereka membantah ini bukan kewenangan. Saya jawab ini bukan soal kewenangan tapi soal tanggung jawab kepada bangsa dan negara," ujarnya.

Dalam lima bulan penyelidikan, BNN menemukan 90 juta pil PCC di Semarang dan 50 pil PCC siap edar di Solo. Para pelaku dijerat hukum menyalahi perizinan, pemalsuan, penipuan, dan undang-undang tentang perlindungan konsumen.

Polda Riau Bongkar Penyelundupan Sabu 35 Kg dari Malaysia

Mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri itu menyebut bahaya narkotika lebih merusak daripada korupsi dan terorisme. "Jika diibaratkan dalam sebuah pohon, korupsi itu merusak buah, terorisme itu merusak batang, sementara narkoba merusak akar. Bagaimana mau tumbuh dan berbuah jika akar sudah dirusak," ujarnya.

Presiden Joko Widodo, katanya, juga sudah menyatakan Indonesia darurat narkoba. Bahkan kini tidak ada provinsi yang bebas dari narkoba. Bayi berusia enam bulan juga terkontaminasi narkoba. "Jika tidak percaya, silakan ditanyakan ke Gubernur Sulawesi," ujarnya.

Terdakwa Aktor Senior Tio Pakusadewo (tengah)

Tio Pakusadewo Ditangkap, Apa Bahaya Sabu untuk Tubuh?

Tio Pakusadewo lagi-lagi tersandung kasus narkoba.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2020