Khofifah Tes Respons Publik Calon Wakilnya di Pilgub Jatim

Khofifah Indar Parawansa dan Ipong Muchlisoni, Bupati Ponorogo, di Pesantren Putri Al Mawaddah Ponorogo, Jawa Timur, pada Sabtu, 21 Oktober 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA – Khofifah Indar Parawansa bertemu sejumlah kiai dan warga Nahdlatul Ulama di Pendopo Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, pada Sabtu siang, 21 Oktober 2017. Dalam forum, Bupati Ponorogo Ipong Muchlisoni duduk di samping Menteri Sosial itu.

Airlangga Tugaskan RK Maju Pilkada Jakarta, Bobby di Sumut dan Khofifah Jatim

Kiai yang hadir di antaranya pemimpin Pesantren Putri Al Mawaddah, KH Hasan Abdullah Sahal. Ada juga Ketua Muslimat NU Jatim, Mahfudhoh Ali Ubaid, dan pengurus kabupaten setempat.

Kepada hadirin, Khofifah lebih terbuka menyampaikan serangkaian cerita pertemuan dengan sejumlah kiai dan tokoh di Jatim yang pada pokoknya memintanya mencalonkan dalam Pilgub Jatim, termasuk curhatan sejumlah kiai yang mengaku diminta KH Hasyim Muzadi untuk membantu Khofifah maju Pilgub Jatim, sebelum meninggal. 

Gerindra Tak Masalah PDIP Gabung Usung Khofifah di Pilgub Jatim, Ada Tapinya

"Saya tidak bisa buka semuanya apalagi ada wartawan," kata Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama itu. 

Forum itu semacam mengetes respons tokoh dan masyarakat Ponorogo seandainya Ipong nanti jadi berduet dengan Khofifah di Pilgub Jatim 2018. "Bu Khofifah dan Pak Ipong ini dulu sama-sama aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia. Jadi sebetulnya kawan lama, bukan kawan baru," kata pemandu pertemuan.

Tepis Isu Cak Imin Maju di Pilgub Jatim, Elite PKB Sebut Ada Tempat yang Lebih Mulia

Sebelumnya di Pesantren Al Mawaddah, Ipong memuji Khofifah dan menyatakan lebih pantas dan tepat menggantikan Gubernur Soekarwo daripada yang lain. "Jawa Timur sudah baik di bawah pemerintahan Pakde Karwo, dan akan lebih baik lagi jika diganti oleh Bu Khofifah," kata Ipong.

Ipong tak menjawab gamblang ketika ditanya apakah siap jika dipasangkan sebagai bakal calon wakil dengan Khofifah di Pilgub Jatim 2018. Tetapi secara personal, dia mengaku berkomunikasi soal itu dengan sejumlah politikus partai politik. "Kalau Anda yang bertanya (siap atau tidak), saya tidak akan jawab sekarang. Tapi kalau partai yang tanya, saya akan jawab," ujarnya. 

Selain Ipong, nama lain yang digadang-gadang bakal mendampingi Khofifah, di antaranya, Bupati Trenggalek, Emil Dardak; Wabup Ngawi, Ony Harsono; dan mantan Bupati Probolinggo, Hasan Aminuddin. Bahkan, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY juga disebut. Keputusan soal pendamping Khofifah masih digodok Tim Sembilan, tim kiai pendukung Khofifah. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya