Pelajari Laporan terhadap Anies, Polisi akan Panggil Ahli

Kabag Penum Div Humas Mabes Polri, Kombes Pol Martinus Sitompul
Sumber :
  • Anwar Sadat

VIVA – Tim penyidik Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri masih mempelajari laporan dari inisiator gerakan Pancasila Jack Boyd Lapian terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Anies Baswedan Direstui Maju Pilkada Jakarta, Cak Imin: PKB Belum Membahas

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Hubungan Masyarakat Polri Komisaris Besar Martinus Sitompul mengatakan, setiap laporan yang diadukan kepada polisi wajib untuk diterima. Namun, laporan itu harus dipelajari terlebih dahulu apakah memenuhi unsur yang dilaporkan atau tidak.

"Kami wajib menerima setiap laporan. Yang penting kami pelajari," ujarnya saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis, 19 Oktober 2017.

Megawati Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae, Anies Bilang "Situasinya Memang Amat Serius"

Tim penyidik juga akan mengundang ahli-ahli terlebih dahulu. Setelah dikaji, dipelajari dan mengundang para ahli-ahli, akan diputuskan apakah bisa dilanjutkan penyelidikannya atau tidak. Tim penyidik juga akan melihat terlebih dahulu apakah laporan polisi itu ada unsur pidananya atau tidak.

Anies dilaporkan ke Bareskrim oleh Jack terkait dengan dugaan tindak pidana diskriminatif ras dan etnis karena menggunakan kata 'pribumi' dalam pidato politiknya, di Balai Kota, Senin, 16 Oktober 2017 malam.

PKS Tak Jagokan Anies Baswedan Maju Pilkada DKI tapi Tiga Sosok Ini

Hal itu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 huruf B ke 1 dan 2 dan Pasal 16 Undang-undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang penghapusan diskriminasi ras dan etnis. Laporan polisi ini sudah diterima dan teregister dengan nomor LP/1072/X/2017/Bareskrim, tertanggal 17 Oktober 2017. (ase)

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Kamis, 25 Januari 2024

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani menegaskan partainya tidak mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon Gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024. Partai

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024