Elite Persis Hindari Bicara Perppu Ormas dengan Jokowi

Pertemuan Presiden Jokowi dengan Ulama, Mubalig, dan Ormas Islam
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA - Presiden Joko Widodo dijadwalkan menemui pengurus pusat organisasi Persatuan Islam (Persis) di Kota Bandung, Jawa Barat, pada Senin malam, 17 Oktober 2017.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Presiden akan diterima langsung sang ketua umum Aceng Zakaria dan didampingi Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.

Agenda pertemuan itu disebut murni silaturahmi dan tak akan membahas situasi terkini politik nasional. Begitu pula seputar polemik Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang tentang Organisasi Kemasyarakatan.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

"Ini murni silaturahmi saja Presiden. Kita hindari bicara politik, masalah Perppu, dan sebagainya. Karena beliau (Presiden) juga udah wanti-wanti, beliau hanya ingin silaturahim," kata Wakil Ketua Umum Persis, Jeje Jaenudin, kepada VIVA.

Persis, kata Jeje, memang termasuk di antara pihak yang menolak pemberlakuan perppu itu. Tetapi Persis berusaha menghormati proses hukum yang sedang berjalan sekarang, yakni gugatan uji materi di Mahkamah Konstitusi.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

"Mungkin dalam posisi bargaining politic (posisi tawar secara politis) kami udah nolak duluan. Kami enggak mau dicampuri urusan politik, dari awal kami komitmen," katanya.

Pertemuan itu, menurutnya, tidak hanya dinanti petinggi Persis, melainkan juga Presiden Jokowi. Soalnya Presiden sebenarnya sudah cukup lama ingin bersilaturahmi dengan elite Persis namun baru kali ini ketemu momentum yang tepat.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat sidak minyak goreng curah di Pasar Anyaar, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin, 30 Mei 2022.

Persis Nantikan Pertemuan dengan Jenderal Dudung

Ketum Persis Kiai Aceng berharap Jenderal Dudung memperjuangan kepentingan umat Islam. Sebab, umat Islam penduduk mayoritas di negeri ini.

img_title
VIVA.co.id
20 Juli 2022