Jalur Pantura Subang Zona Merah HIV/AIDS

VIVAnews - Jalur Pantai Utara (Pantura) yang menghubungkan Jakarta dan Jawa Tengah, terutama di Subang, Jawa Barat ditetapkan sebagai zona merah penularan HIV/AIDS.

Dinas Kesehatan Subang menetapkan 10 kecamatan di wilayah tersebut rawan penularan HIV. Selain di Pantura, Dinas Kesehatan juga menetapkan lima kecamatan lainnya sebagai zona merah penyebaran virus mematikan tersebut.

"Penetapan Pantura sebagai daerah dengan zona merah HIV/AIDS, dikarenakan secara geografis daerah tersebut merupakan jalur transportasi utama yang menghubungkan Jakarta ke Jawa Tengah," kata Koordinator Program Penanganan dan Pencegahan IMS HIV/AIDS, Dinas Kesehatan Subang, Suwata, Senin 12 Oktober 2009.

"Sehingga berbagai kemungkinan bisa terjadi,” tambah dia.

Lebih lanjut, dijelaskan Suwata, beberapa daerah lainnya masuk dalam kategori daerah zona kuning dan hijau. "Untuk kuning, diantaranya Pagaden dan Cibogo. Adapun yang dimaksud daerah zona hijau, bukan berarti benar-benar aman, melainkan tidak separah zona kuning, lebih-lebih zona merah," tambah dia. 

Diungkapkan Suwata, dari 30 kecamatan yang ada di Subang, 28 diantaranya teridentifikasi ada penyebaran HIV/AIDS.

"Adapun dua sisanya, bukan berarti tidak ada, melainkan kita tidak bisa masuk ke sana, sehingga kami belum mengetahui. Karena memang disana merupakan daerah wisata," kata dia.

Selama tahun 2009, sampai dengan September, terdapat 12 orang yang meninggal, akibat penyakit yang ditimbulkan dari HIV/AIDS. "Lima orang di daerah Pantura yang dinyatakan positif (HIV/AIDS) dalam keadaan hamil," tambah dia.

Proses penyebaran HIV/AIDS, jelas Suwata, mayoritas, sekitar 85 sampai 87 persen dari hubungan seks yang tidak aman.

"Baik itu hubungan seks sesama jenis, maupun lawan jenis, dengan tidak menggunakan pengaman, padahal salah satu pasangannya sudah positif.

Laporan: Inin Nastain | Subang

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas
Presiden Jokowi Buka Puasa Bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024. Tampak, Wakil Presiden Mar

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024