Taman Safari Kedatangan 6 Kanguru Australia

VIVAnews - Enam ekor kanguru asal negara Australia menjadi penghuni baru di Taman Safari Indonesia (TSI), Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kanguru itu diawasi tiga orang ahli dari Kebun Binatang Australia yakni Tim Portas DVM dan Kesley Mostya sebagai Zoo Curator, serta Laurie Pond sebagai Development Program Manager.

Menurut Humas TSI Yulius, binatang lincah dari negara tetangga Indonesia tersebut akan menjalani proses karantina selama 14 hari di bawah pengawasan tim dokter hewan maupun medis TSI.

"Dengan adanya koleksi terbaru ini, jumlah species satwa di Taman Safari Indonesia Cisarua - Bogor saat ini menjadi 275 species," kata Yulius di Bogor, Minggu, 11 Oktober 2009.

Bertambahnya penghuni baru di TSI, kata Yulius, bermula dari adanya kunjungan istimewa Terri Irwin (istri almarhum Steve Irwin) pengelola Australia Zoo bersama kedua anaknya (Bindi Irwin dan Robert Irwin) pada 23 Februari 2008. Saat itu, kedatangan mereka diterima Direktur Taman Safari Indonesia, serta Ketua Perhimpunan Kebun Binatang Se Indonesia (PKBSI) Rahmat Shah.

Yulius menambahkan, kunjungan mereka ke Indonesia bermaksud mempererat kerja sama sister park yang telah dicanangkan sebelumnya antara Taman Safari Indonesia dengan Australian Zoo di Beerwah Queensland yang dikelolanya. Sister Park sendiri telah berjalan sejak Steve Irwin The Crocodille Hunter belum meninggal dunia, karena kecelakaan di laut.

Sebelumnya juga, katanya, telah dibuat Letter of Intent (LoI) yang ditandatangani dua tahun lalu antara Depertemen Kehutanan, dalam hal ini Direktorat Perlindungan Hutan Pelestarian Alam (PHKA), Taman Safari Indonesia dan Kebun Binatang Australia.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Dalam kerja sama tersebut Kebun Binatang Australia telah mengirimkan ahli buaya untuk membantu penyelamatan tiga ekor buaya muara (crocodylus porosus) yang mengganggu masyarakat di Meulaboh Aceh Propinsi Nagroe Aceh Darussalam, serta memberikan pelatihan dan pengetahuan singkat tentang buaya.

"Dalam kerja sama sister park ini, Kebun Binatang Australia juga mengirimkan enam ekor Eastern Grey Kangaroo (Macropus giganteus) berkelamin betina, satwa berkantung (marsupial ), atau yang lebih dikenal sebagai kangguru abu-abu," tuturnya.

Laporan: Ayatullah Humaeni | Bogor

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

antique.putra@vivanews.com

Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024