Gempa di Gunung Agung Makin Sering Terjadi

Data pengukuran suhu usai letusan Gunung Agung 1963
Sumber :
  • www.earthobservatory.nasa.gov

VIVA.co.id – Dari hari ke hari, aktivitas Gunung Agung di Bali menunjukkan peningkatan. Data dari Pos Pemantauan Gunungapi Agung – yang terletak di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem – menunjukkan getaran gempa terjadi hingga 762 kali. Data terjadinya gempa itu direkam sejak pukul 00.00 WITA hingga pukul 18.00 WITA hari ini, Senin 25 September 2017.

Lereng Gunung Agung Kebakaran

Menurut Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani, berdasarkan data terakhir yang terekam mengenai aktivitas Gunung Agung menunjukkan peningkatan yang konsisten. Gempa vulkanik dangkal yang menandakan aktivitas magma terus naik ke permukaan kawah masih terus meningkat.

"Dari data terakhir masih konsisten datanya. Gempa konsisten, utamanya gempa vulkanik dangkal naik signifikan. Gempa itu menandakan fluida mulai bergerak naik ke atas," kata Kasbani di Pos Pemantauan Gunung Api Agung, di Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Senin 25 September 2017/

Gunung Agung Sempat Erupsi, Lontaran Material Pijar hingga 700 Meter

Di sisi lain, perekaman aktivitas Gunung Agung kali ini merupakan yang terlengkap dibandingkan erupsi gunung dengan ketinggian 3.142 mdpl tersebut pada 1963.

Pada 54 tahun lalu, saat Gunung Agung meletus, data yang terekam hanya pada data seismik dan foto. Selain itu ada beberpaa video yang tersimpan. Sementara untuk data wilayah terdampak akibat letusan Gunung Agung belum tercatat. 

Gunung Agung Meletus Muntahkan Abu Vulkanik Sejauh 2 Km

"Ini akan jadi data pertama yang lengkap merekam aktivitas Gunung Agung," kata Kasbani. Melalui pengamatan kali ini, data informasi deformasi atau penggelembungan telah dipasang sejak kemarin. Itu menjadi pelengkap untuk data yang telah ada. (ren)
 

Gunung Agung

Gunung Agung Kembali Kebakaran, Pura dan Prasasti Hangus Dilalap Api

Kebakaran sejak siang tadi dan terus membesar hingga malam ini.

img_title
VIVA.co.id
4 Oktober 2019