PVMBG: Gunung Agung Paling Eksplosif di Indonesia

Pemantauan intensif Gunung Agung di Pos Pemantauan Desa Rendang, Karangasem, Bali.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA.co.id - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyebut Gunung Agung di Bali berkatagori gunung berapi paling eksplosif di Indonesia. Gunung itu terakhir meletus pada 1963 dan dampaknya paling dahsyat dibanding gunung-gunung lain.

Erupsi Gunung Merapi, Wilayah Boyolali Diguyur Hujan Abu

“Gunung Agung beristirahat selama lima puluh tahun. [Itu] letusan paling eksplosif dalam lima puluh tahun terakhir,” kata Devy Kamil Syahbana, Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunungapi PVMBG, dalam perbincangan dengan tvOne pada Sabtu pagi, 23 September 2017.

Kamil membandingkan tingkat letusan Gunung Agung yang, berada di atas Gunung Merapi di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Gunung Sinabung di Sumatera Utara. “Gunung Merapi nilainya empat, Sinabung nilainya dua, dan Gunung Agung lima,” ujarnya.

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas, Pesan Mbah Maridjan Langsung Viral

PVMBG tak dapat memprakirakan waktu pasti Gunung Agung meletus dan sedahsyat apa jika benar erupsi; lebih dahsyat daripada tahun 1963 atau sebaliknya. Namun PVMBG telah berkoordinasi dengan lembaga terkait untuk segera mengevakuasi warga yang berada di radius sembilan kilometer dari puncak Gunung.

Sejauh ini, kata Kamil, memang belum ada tanda-tanda Gunung Agung bakal erupsi lebih dahsyat dibanding pada 50 tahun lampau. Tapi sebagai antisipasi situasi terburuk, zona merah di gunung itu harus dikosongkan dari aktivitas warga. (ren)

Momen Haru 2 Korban Erupsi Merapi Siska dan Frengki Diwisuda, Diwakili Orang Tua
Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024