Menag: Kemenag Itu Ibarat Kapal Tanker

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin
Sumber :
  • Media Center Haji (MCH) 2017

VIVA.co.id – Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan bahwa Kementerian Agama RI merupakan institusi pemerintahan terbesar di Indonesia. Menurut Lukman, hal itu membuat upaya reformasi birokrasi yang dilakukan di Kemenag menjadi lebih rumit bila dibanding upaya serupa yang dilakukan di institusi lain.

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

"Saya sering mengatakan bahwa Kementerian Agama ini ibarat kapal tanker. Yang besar sekali bobotnya," ujar Lukman saat melakukan review Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) di Kemenag, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat, 22 September 2017.

Lukman menyampaikan, Kemenag memiliki tak kurang dari 4.557 satuan kerja yang tersebar di seluruh Indonesia. Sementara, ASN yang bekerja di Kemenag mencapai 230.189 orang. "Ini tidak hanya terbesar, terbanyak di Indonesia, tapi mungkin di dunia," ujar Lukman.

Menag Lantik Sekjen, Widyaiswara Ahli Utama dan Pejabat Eselon II Kemenag

Meski demikian, Lukman memuji para ASN Kemenag yang menurutnya menunjukkan komitmen bersamanya untuk bersama-sama memperbaiki diri. Lukman menjanjikan adanya kemajuan terhadap reformasi birokrasi Kemenag sebelum masa pemerintahan Jokowi - JK saat ini usai pada 2019 nanti.

"Alhamdulillah, sebagai Menteri Agama, saya amat bersyukur, saya dibantu oleh para ASN semua. Kita adalah keluarga besar Kementerian Agama," ujar Lukman.

Kemenag Akan Tingkatkan Kapasitas 22 Ribu Imam Masjid di 2024
Peluncuran Alquran Berbahasa Gayo

Momen Bersejarah, Al Quran Berbahasa Gayo Hadir Memperkuat Identitas dan Budaya Aceh

Pada momen spesial Ramadan 1445 H, Balitbang Diklat Kementerian Agama RI dan IAIN Takengon menghadirkan terobosan baru: Al-Qur'an terjemahan bahasa Gayo.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024