85% Warga Keluhkan Layanan Polri

VIVAnews - Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri menyayangkan hasil evaluasi Mabes Polri menyebutkan sebanyak 85% masyarakat mengeluhkan minimnya pelayanan reserse.

Karena itulah, Polri menyiapkan konsep untuk merubah budaya mempersulit atau yang membebani masyarakat, dengan lebih mudah, dan diakhir tahun nanti kepercayaan masyarakat terhadap institusi kepolisian semakin meningkat dengan adanya perubahan budaya itu.

"Karena itulah pentingnya mengunjungi sejumlah polda untuk mengevaluasi kinerja kepolisian di daerah apalagi rensra polri 2005-2009 sudah hampir selesai," kata Bambang Hendarso Danuri kepada wartawan di Mataram Selasa 06 Oktober 2009.

Kapolri menambahkan berbagai kebijakan terkait hal itu sudah disampaikan kepada seluruh jajaran kepolisian di masing-masing Polda.

Proses evaluasi tersebut menurutnya harus dilakukan untuk mengetahui sejauh mana perubahan yang terjadi ditingkat bawah. "Peran serta masyarakat dan insan pers ikut mengawal proses tersebut," tuturnya. Dia juga akan menindak tegas anggotanya yang melakukan pelanggaran saat menjalankan tugas.

Kapolri juga sedang mengawasi pola perikrutan personil kepolisian termasuk pelayanan di Institusi kepolisian. "Jadi jangan lagi ada orang yang mau masuk bintara dipungut biaya atau pengurusan BPKB,STNK dan SIM itu dipersulit,"ujarnya.

Pola pengawasan dan evaluasi terhadap pelayanan kepolisian tersebut menurutnya akan terus berlanjut. Hasil evaluasi nantinya akan menjadi landasan kerja Polri pada periode berikutnya.Dia berharap pada periode 2010 hingga 2014 nanti proses kemitraan antara Institusi Polri dengan masyarakat bisa ditingkatkan.

Laporan: Edy Gustan | Mataram

Dua Anak-anak Sempat Terjebak di Dalam Toko Bingkai yang Kebakaran
Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Wira

Polisi Sebut Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari Kerja Open BO

Tiga orang yang diduga membunuh R (35), wanita yang ditemukan tewas dengan wajah hancur di Dermaga Ujung Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan ditangkap. R diketahui warga

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024