Bayar Dam di Jalur Resmi, Hindari Jemaah dari Penipuan

Kondisi kepadatan para jemaah haji Indonesia di terminal Bus Syaib Amir Arab Saudi usai salat berjemaah, Sabtu (19/8/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eko Priliawito

VIVA.co.id – Jemaah haji Indonesia diharuskan membayar dam di tempat resmi yang dikelola oleh Islamic Development Bank (IDB), atau membayar dam melalui bank yang sudah ditentukan. Aturan baru ini diterapkan berdasarkan edaran yang dikeluarkan Muassasah Asia Tenggara. Bagi mereka yang mengkoordinir pembayaran dam akan diinvestigasi dan diajukan untuk diproses hukum.

Pelunasan Biaya Haji Ditutup pada 5 April, Kuota 213.320 Jemaah Reguler Sudah Terisi

Wakil Ketua Pengawas Haji gelombang I Sodik Mudjahid yang ditemui tim Media Center Haji (MCH) di Daker Mekah mendukung aturan baru ini. Pengelolaan pembayaran dam ini jelas dapat melindungi jemaah haji dari objek bisnis yang kerap dilakukan oleh pelaku penipuan dan juga oknum Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH).

"Secara prinsip bagus untuk kepentingan bangsa. Uang itu masuk dan terorganisir dengan baik, selama ini dam dibayarkan kepada kelompok-kelompok tertentu. Sebagian jemaah bahkan tertipu. Karena dam diberikan dan kambingnya tidak sesuai standar, kadang kambingnya juga tidak ada," katanya saat ditemui di Daker Mekah, Selasa, 22 Agustus 2017.

Terakam Momen Haru Polisi Gendong Jemaah Umroh Disabilitas, Terima Ganjaran Ini

Seperti diketahui jemaah haji biasanya melakukan pembayaran dengan dikoordinasi KBIH, oknum-oknum KBIH ini kemudian berkomunikasi dengan mukimin untuk dicarikan kambing untuk membayar dam.

Karena itu menurut Sodik, Kementerian Agama harus memberikan edukasi kepada KBIH agar tidak menjadikan jemaah haji sebagai objek bisnis. Informasi yang masif juga agar disampaikan kepada jemaah haji terkait pembayaran dam ini.

Saudi Terima Ribuan Keluhan Layanan Hotel dan Umrah selama Ramadhan

"Karena itu kami mendukung pembayaran dam di Bank Al-Rajhi," katanya.

Seperti diketahui, saat ini Jemaah tidak perlu repot untuk membayar dam. Jemaah tinggal membeli kupon penyembelihan dengan harga 450 Real. Sejumlah tempat telah ditetapkan untuk menjual kupon, seperti di kantor pos Arab Saudi, Bank Al-Rajhi, kantor cabang Mobily, perusahaan layanan keamanan, kantor Hadiyah al-Hajj wa al-Mu 'tamir', gerai penjualan di Masjdil Haram dan Masjid Nabawi, juga di gerai-gerai penjualan di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armina).

Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit

Saat ini, data jemaah haji Indonesia yang masuk sebanyak 216.692. Dari jumlah itu, sebanyak 207.527 jemaah datanya sudah diverifikasi untuk diajukan penerbitan visanya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024