Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Pantai Parangtritis

Pengibaran bendera di Parangtritis
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Daru Waskita/ Yogyakarta

VIVA.co.id – Bendera Merah Putih berukuran 6 X 8 meter berkibar di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pengibaran bendera ini menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang berlibur di Pantai Parangtritis dan mengisi libur di momen peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 72, Kamis 17 Agustus 2017.

Pengibaran bendera merah putih yang berukuran cukup besar digagas oleh Jelaha Loundry Indonesia, sebuah forum pertemuan pengusaha loundry seluruh Indonesia yang kini memiliki anggota lebih dari 10 ribu anggota pengusaha.

Pengibaran bendera yang ukurannya cukup besar ini berbeda dengan lazimnya pengibaran bendera dengan ditarik dengan tali hingga berada di puncak tiang bendera. Bendera ini, dikibarkan dengan cara dikiatkan pada tiang bambu dan tiang bambu, diberdirikan tegak dengan cara ditarik dengan tali tampar.

Tiang bambu setinggi 10 meter pun dipegang oleh petugas dari Polair Polda DIY, sedangkan petugas yang menarik bambu dengan tali tampar dari anggota jelajah loundry Indonesia.

"Kita sudah mencoba menaikkan bendera dengan cara yang lazimnya, namun tiang besi patah. Akhirnya, kita gunakan tiang dari bambu untuk pengganti tiang besi," kata Andi Rahmad Santoso, Perintis Jelajah Loundry Indonesia, Kamis 17 Agustus 2017.

Bagi Andi ,peringatan HUT Kemerdekaan RI setiap tahunnya cukup berarti karena bersamaan dengan HUT jelajah loundry Indonesia.

"Ini tahun ke dua kita melakukan pengibaran bendera setelah tahun 2016 silam juga menggelar hal yang sama di Toraja," tuturnya.

Pengibaran bendera merah putih di Pantai Parangtritis ini sengaja dipilih berbarengan dengan pertemuan jelajah loundry Indonesia yang dilakukan di Yogyakarta.

"Cukup puas karena berjalan lancar dan wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis juga sangat senang," ucapnya.

Maryanto salah satu wisatawan asal Gunungkidul mengaku senang bisa menyaksikan prosesi jalannya pengibaran bendera merah putih berukuran cukup besar, karena belum tentu, setiap 17 Agustusan dilakukan pengibaran bendera raksasa ini.

"Ya cukup menarik dan banyak wisatawan yang juga ikut melihat upacara bendera bahkan mereka juga mengabadikan dengan kamera ponselnya," tuturnya.

Terapkan Prokes, HUT Kemerdekaan RI di Washington Berlangsung Khidmat

Pengibaran bendera raksana di Parangtritis

16 Brand Indonesia terpilih yang muncul di videotron Times Square New York.

Keren! Brand Indonesia Terpajang di Times Square New York

Kemunculan iklan brand lokal di Times Square New York ini juga mendapat perhatian dari Menparekraf, Sandiaga Uno.

img_title
VIVA.co.id
19 Agustus 2021