Gempa Sumatera Barat

Presiden PKS: Bantuan Menumpuk di Gudang

VIVAnews - Presiden PKS Tifatul Sembiring mengunjungi langsung kawasan terkena gempa Sumatera Barat, Senin 5 Oktober 2009. Tifatul yang kelahiran Bukittinggi itu menemui warga di Kelurahan Tarantang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Padang, Sumatera Barat.

Daerah Tarantang ini termasuk kawasan sangatĀ  parah, namun karena lokasinya agak ke kampung, sehingga bantuanpun sangat minim. Dalam kesempatan itu Tifatul menyerahkan bantuan sembako.

Saat berdialog dengan warga setempat, salah seorang ibu mengeluhkan belum adanya bantuan dari Pemerintah maupun dari para relawan. Tifatul lalu membagi-bagikan uang pecahan Rp 5.000 untuk anak-anak korban gempa setempat. Mereka sontak berlarian untukĀ  mendapatkan uang Rp 5.000 tersebut. ''Ini sekadar menghibur hati anak-anak,'' ujar Tifatul seperti disampaikan secara tertulis ke VIVAnews.

Ketika ditanya wartawan, berapa jumlah kader PKS yang diturunkan pd masa tanggap darurat ini. Tifatul mengatakan, "Ada 467 relawan, Rp 500 juta bantuan, tenda darurat, dapur umum dan RS darurat bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri dan 8 unit ambulans. Sementara Posko PKS ada 13 di Padang, 15 di Pariaman dan 3 di Kabupaten Agam," ujar Tifatul.

Dalam kesempatan itu, Tifatul meminta pemerintah, khusunya Departemen Sosial untuk segera meminta aparat TNI/Polri lebih gesit bekerja membantu distribusi bantuan. ''Saya dengar bantuan di gudang sudah menumpuk, tapi di daerah Pariaman masih banyak yang tidak kebagian jatah makanan," katanya. "Untuk tanggap darurat ini perlu memotong rantai-rantai birokrasi dan terobosan-terobosan yang lebih efektif," ujar Tifatul.

UIN Jakarta Masuk dalam Daftar Universitas Terbaik Dunia pada QS World University Ranking 2024
Masyarakat gunakan kereta api saat mudik Lebaran 2024 (dok: KAI)

Penumpang KAI Tembus 3,36 Juta saat Angkutan Lebaran 2024, Naik 18 Persen

PT KAI mencatat jumlah penumpang pada periode 31 Maret sampai dengan 16 April mencapai 3.360.139 penumpang atau naik 18 persen dari tahun sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024