Sekjen ASEAN Tinjau Padang

VIVAnews - Sekretaris Jenderal Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) Surin Pitsuwan akan mengunjungi Padang, Sumatera Barat, Selasa 6 Oktober 2009. Kunjungan Surin merupakan tinjauan awal sebelum ASEAN memutuskan bantuan yang akan disalurkan kepada pemerintah Indonesia untuk menanggulangi bencana gempa.

"Surin dijadwalkan tiba di Padang pada pukul 11.10 pagi dengan pesawat Garuda penerbangan GA 162 dan kembali ke Jakarta pada pukul 18.55 WIB dengan pesawat Mandala penerbangan RI 089," demikian disampaikan dalam pernyataan pers yang diterima VIVAnews.

Di Padang, Surin akan menemui Gubernur Sumatera Barat dan Walikota Padang. Surin akan didampingi kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan perwakilan Sekretariat ASEAN serta Pusat Koordinasi Bantuan Kemanusiaan dan Penanggulangan Bencana.

Akhir pekan lalu, Surin juga mengirim utusannya, Deputi Sekjen urusan Keamanan Politik ASEAN, Sayakane Sisouvong, ke Filipina untuk meninjau dampak badai tropis Ketsana yang terjadi pada 26 September lalu. Badai ini menyebabkan banjir terburuk di Filipina dan menewaskan ratusan orang di sejumlah negara ASEAN.

Untuk membantu penanggulangan bencana di Padang dan negara-negara ASEAN lainnya, ASEAN membuka rekening khusus bantuan. Warga yang ingin menyumbang dapat mengirim dana ke nomor rekening bank HSBC cabang gedung World Trade Center, Sudirman 001-382019-120 atas nama ASEAN Cooperation Fund for Emergency Relief.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Indonesia mencatat gempa 7,6 SR terjadi pada Rabu pukul 17.16 WIB. Gempa terjadi di lokasi 0.84 Lintang Selatan dan 99.65 Bujur Timur. Pusat gempa berada di arah 57 kilometer barat daya Pariaman, Sumatera Barat.

Hingga Senin kemarin, gempa telah menewaskan 608 orang. Korban tewas terbanyak berada di kabupaten Padang Pariaman sebanyak 285 jiwa. Jumlah warga tewas mencapai 242 jiwa di kota Padang, kota Pariaman 32 jiwa, kabupaten Agam 32 jiwa, kabutapen Pesisir Selatan 10 jiwa, 3 warga Pasaman Barat, dan 20 warga Kabupaten Solok.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa
Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024