JK Minta Makassar Jadi Pusat Pendidikan di Indonesia Timur

Wapres JK di Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasir

VIVA.co.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap, Kota Makassar dapat menjadi pusat pendidikan di Kawasan Timur Indonesia. Tujuannya, agar ada pemerataan mutu pendidikan di seluruh daerah Indonesia.

JK Ingatkan Umat Introspeksi Diri Sambut Ramadhan

JK mengatakan, kualitas pendidikan seperti perguruan tinggi masih didominasi universitas negeri yang berada di Pulau Jawa. Hal itu menurutnya, yang membuat masyarakat di Indonesia Timur rela merantau ke universitas yang lebih baik.

"Sekarang yang harus dipikirkan, bagaimana kita berbicara pendidikan Makassar ini jadi center pendidikan di Indonesia Timur sama seperti di Malang, Yogyakarta, Bandung. Tentu itu menjadi perhatian kita semua," kata JK di Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan, Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar, Jumat, 28 Juli 2017.

JK Sebut Pemilu 2024 Terburuk Dalam Sejarah di Indonesia

JK menjelaskan, harus ada sistem terpadu yang perlu diterapkan guna meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Sulsel, khususnya di Makassar. Termasuk dalam hal peningkatan sarana dan fasilitasnya.

"Agar pendidikan makin tinggi, tentu ujian juga makin tinggi, kenapa kita butuh sistem terpadu itu, termasuk fasilitasnya, salah satunya adalah agar tidak ada diskriminasi nasional," ujarnya menambahkan.

JK Sebut RI Bayar Cicilan Utang Sampai Rp 1.000 Triliun per Tahun, Ini Respons Sri Mulyani

Menurut dia, bila mutu pendidikan di Indonesia Timur khususnya Sulawesi tertinggal dari Jawa maka ke depannya akan sulit bersaing.

"Kita ketahui bahwa di Indonesia universitas yang terbaik tentunya masih di Jawa, UI, ITB, UGM tiga besar itu. Dulu paling dua tiga orang yang diterima dari Makassar ini," ujarnya menambahkan.

Menurutnya, upaya peningkatan mutu pendidikan juga harus dilakukan di seluruh jenjang. Mulai dari tingkat sekolah dasar hingga ke tingkat atas.  Begitu juga dengan kualitas tenaga pengajar.

"Artinya standar SMA kita masih di bawah. Harus dinaikkan mutunya. Kenapa perlu, karena anak-anak itu sama saja otaknya, dari Jawa, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan. Tuhan memberikan otak yang sama." (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya