Semringah Calon Haji Akan Terbang Perdana ke Tanah Suci

Para calon haji kloter pertama asal Kota Medan tiba di Asrama Haji di Medan, Sumatera Utara, pada Rabu, 27 Juli 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putra Nasution

VIVA.co.id - Jemaah calon haji asal Indonesia dijadwalkan terbang perdana ke Tanah Suci pada Jumat, 28 Juli 2017. Mereka merupakan kelompok terbang (kloter) pertama, sebagian besar sudah tiba di asrama haji masing-masing embarkasi pada Kamis, 27 Juli.

Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit

Berdasarkan pengamatan VIVA.co.id, kloter pertama calon haji asal Jawa Tengah tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali pada Kamis pagi. Mereka adalah para calon haji dari Kabupaten Banjarnegara. Disusul kemudian kloter II asal Purbalingga, kloter III asal Cilacap, dan kloter IV dari Banyumas.

Semringah Calon Haji Akan Terbang Perdana ke Tanah Suci

Saudia Airlines Angkut 106 Ribu Jemaah Haji Indonesia 2024

Para calon haji kloter pertama asal Kabupaten Banjarnegara tiba di Asrama Haji Donohudan di Boyolali, Jawa Tengah, pada Rabu, 27 Juli 2017. (VIVA.co.id/Fajar Sodiq)

Tampak wajah-wajah semringah para calon haji itu yang rata-rata berusia lebih 50 tahun itu. Mereka menyimak dengan seksama arahan dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) setempat. Sesekali tampak di antara mereka menerima panggilan telepon dari keluarga untuk sekadar mengucapkan selamat jalan dan selamat sampai di Tanah Suci.

Pelunasan Biaya Haji Ditutup pada 5 April, Kuota 213.320 Jemaah Reguler Sudah Terisi

Kloter pertama calon haji Embarkasi Solo akan diterbangkan melalui Bandara Adi Sumarmo pada pukul 09.00 WIB, Jumat, 28 Juli. Gubernur Ganjar Pranowo dijadwalkan melepas mereka besok.

Situasi serupa terlihat di Asrama Haji Medan, Sumatera Utara. Kloter pertama calon haji Embarkasi Medan berasal dari kota setempat, berjumlah 388 orang. Mereka sudah memasuki Asrama Haji pada Kamis pagi dan dijadwalkan terbang pada pukul 07.40 WIB, Jumat, 28 Juli.

Semringah Calon Haji Akan Terbang Perdana ke Tanah Suci

Para calon haji kloter pertama asal Kota Medan tiba di Asrama Haji di Medan, Sumatera Utara, pada Rabu, 27 Juli 2017. (VIVA.co.id/Putra Nasution)

Sebagian besar sudah mengenakan pakaian serba putih dengan koper-koper berwarna oranye. Serupa di Solo, para calon tamu Allah itu sesekali menerima panggilan telepon dari famili atau kolega untuk sekadar menyampaikan pesan semoga selamat sampai di Arab Saudi.

Kloter satu jemaah haji asal Embarkasi Medan dijadwalkan tiba di Jeddah pukul 11.30 Jumat waktu setempat. Mereka kembali ke Tanah Air pada 6 September 2017.

PPIH akan lebih dulu memeriksa kesehatan para calon haji sebelum diberangkatkan. Pemeriksaan meliputi tekanan darah, kadar gula darah, tes kehamilan untuk calon jemaah perempuan berusia subur, dan tes psikologi untuk calon jemaah haji berusia lanjut.

"Bagi yang tidak laik akan kita rujuk ke rumah sakit dan keberangkatannya kita tunda sementara. Sementara calon jemaah yang hamil, terpaksa kita batalkan keberangkatannya," kata dr Aulianto, Wakil Kepala Bidang Kesehatan Haji pada PPIH Embarkasi Medan, ketika ditemui di Asrama Haji.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya