373 Petugas Haji Daker Mekah Siap Diberangkatkan

Upacara pemberangkatan petugas haji 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eko Priliawito

VIVA.co.id – Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1438 H/2017M yang akan bertugas di daerah kerja (Daker) Mekah akan diberangkatkan menuju Arab Saudi, Kamis, 27 Juli 2017.

77 Jemaah Haji Indonesia Masih di Arab Saudi Jalani Perawatan di Rumah Sakit

Petugas Daker Mekah berjumlah 373 orang dan petugas haji akan di berangkatkan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 980 melalui terminal 3 Bandar Udara Soekarno Hatta Cengkareng, pada pukul 11.30 WIB. Rombongan petugas diperkirakan tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah sekitar pukul 17.30 waktu Arab Saudi.

Sebelum di berangkatkan ke tanah suci, seluruh petugas haji Daker Mekah telah mengikuti kegiatan malam muhassabah guna memanjatkan doa yang digelar di Majid Al Mabrur Pondok Gede, Jakarta. Turut hadir sejumlah pejabat dari Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan Indonesia.

Kuota Jemaah Haji 2024 Diumumkan Sebanyak 221 Ribu, DPR RI Segera Bahas Perbaikan Penyelenggaraan

Pada Kamis pagi, petugas akan melaksanakan upacara pelepasan yang juga dilaksankan di Asrama Haji Jakarta.

Kasubdit Pembinaan Petugas Haji Kementerian Agama Indonesia Khoirizi H Dazir dalam sambutannya menyampaikan agar seluruh petugas haji Daker Mekah tetap memegang teguh komitmen yang telah disepakati bersama sejak awal dan tetap disiplin, sehingga beban tugas dan tanggungjawab petugas Daker Mekah dapat berjalan dengan baik sesuai kesepakatan bersama.

1 Jemaah Haji asal Palembang Hilang, Menteri Yaqut: Kami Terus Cari

"Salah satu tugas yang harus diutamakan petugas haji yakni melayani jemaah dengan disiplin dan menjaga kesehatan dan menjaga kualitas pelayanan haji sehingga lebih baik di banding tahun sebelumnya," katanya.

Menurut Khoirizi, berdasarkan pengalaman pemberangkatan petugas haji Daker Jeddah dan Madinah yang telah diberangkatkan terlebih dahulu, hendaknya petugas haji Daker Mekah mempersiapkan segala sesuatunya agar proses keimigrasian di Bandara Jeddah berjalan dengan baik.

Penyelenggaraan Haji tahun 2017 ini menjadi tantangan berat bagi Petugas Haji Indonesia, setelah Indonesia menerima pengembalian kuota dan tambahan 10.000 jemaah haji pada tahun ini, sedangkan jumlah petugas haji tidak berbanding dengan jumlah Jemaah yang ada.

Sementara itu cuaca Arab Saudi tahun ini diperkirakan akan cukup panas. Suhu udara di Mekah dan Madinah pada bulan Juli dan Agustus 2017 diprediksi sekitar 40 derajat celcius hingga 50 derajat celcius dengan kelembaban udara yang sangat rendah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya