Wiranto: Hubungan Pemerintah dan Ulama Harmonis

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id - Majelis Ulama Indonesia menggelar peringatan Milad ke-42 di Balai Sarbini, Jakarta, Rabu malam, 26 Juli 2017. Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto yang memberi sambutan di acara ini mengatakan MUI selama ini punya peran dalam menjaga kebhinekaan di Indonesia.

MUI Sumatera Barat Tolak Larangan Salat Idul Adha

"MUI telah banyak berbuat untuk negeri ini, untuk ambil bagian dalam masalah bangsa. Banyak masalah yang penting, pelik dan rumit dapat diselesaikan oleh MUI," kata Wiranto.

Wiranto menyampaikan MUI juga tidak sendirian dalam menjaga persatuan bangsa ini. Juga banyak elemen lain yang menurutnya ikut ambil bagian, termasuk organisasi masyarakat.

Pilih Pengganti Ma'ruf Amin, MUI Akan Gelar Munas

"Tentu saja MUI tidak sendirian dalam mencoba ambil bagian dalam persatuan bangsa, kita banyak unsur lain," ujar dia.

Dia juga menyampaikan ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo yang mengutusnya sebagai perwakilan dalam acara ini. Wiranto senang hubungan ulama bisa terjalin baik.

Temui Pimpinan NU dan MUI, Mensesneg Bahas Turunan UU Cipta Kerja

"Saat ini, ada hubungan harmoni antara pemerintah dan ulama," kata Wiranto.

Sementara itu, Ketua MUI Ma'ruf Amin, menjelaskan selama ini lembaganya itu telah ikut mengawal persatuan bangsa Indonesia. Ma'ruf juga menyatakan umat Islam wajib memelihara Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

"Telah mengambil keputusan dalam Komisi Fatwa, bahwa pendirian NKRI adalah upaya final bangsa Indonesia untuk mendirikan negara. Sebagai bentuk, umat Islam wajib pelihara Pancasila sebagai dasar negara NKRI," kata Ma'ruf. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya