Ratusan Calon Haji asal Yogyakarta Belum Kantongi Visa

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji mengecek paspor calon haji
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id - Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta melaporkan bahwa dua kelompok terbang (kloter) jemaah calon haji asal provinsi itu belum mengantongi visa. Padahal kloter pertama asal Yogyakarta diberangkatkan ke Tanah Suci pada 3 Agustus 2017.

Peringatan Penting, Hati-Hati dengan Penawaran Haji Tidak Resmi di Media Sosial

Jemaah haji asal Yogyakarta termasuk dalam Embarkasi Solo. Ada sembilan kloter dari provinsi itu dan tujuh kloter di antaranya sudah menerima visa, sedangkan dua sisanya belum.

"Dari jumlah tersebut, tujuh kloter, visanya sudah selesai dan sesuai dengan indentitas calon haji. Namun dua kloter lainnya masih menunggu," ujar Imam Khoiri, Kepala Seksi Sistem Informasi Haji Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama DI Yogyakarta, pada Rabu, 2 Juli 2017.

Pelunasan Biaya Haji Ditutup pada 5 April, Kuota 213.320 Jemaah Reguler Sudah Terisi

Tak dijelaskan terperinci jumlah pasti jemaah yang belum menerima visa. Namun satu kloter jemaah calon haji berjumlah 350-450 orang.

Kementerian Agama belum mengetahui pasti kapan visa para jemaah akan selesai. Imam hanya menjanjikan segera karena visa itu adalah salah satu dokumen perjalanan yang wajib dikantongi tiap-tiap jemaah. "Yang jelas, sebelum diberangkatkan pasti semua calon haji harus mengantongi visa," katanya.

Terakam Momen Haru Polisi Gendong Jemaah Umroh Disabilitas, Terima Ganjaran Ini
Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit

Saat ini, data jemaah haji Indonesia yang masuk sebanyak 216.692. Dari jumlah itu, sebanyak 207.527 jemaah datanya sudah diverifikasi untuk diajukan penerbitan visanya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024