Batik Wajib Dikenakan di Lingkungan PNS Jatim

VIVAnews - Setelah United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation (UNESCO) menetapkan batik sebagai warisan budaya milik Indonesia. Hari ini, Jumat 2 Oktober 2009 PNS di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim mengenakan batik.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo, melalui surat edarannya memerintahkan PNS di Jatim mengenakan batik. Kewajiban itu bersamaan dengan menyambut Hari Ulang Tahun Pemprov Jatim 12 Oktober 2009.

Ganjar Tak Datang saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Capres-Cawapres Terpilih

"Ini adalah momen tepat, agar batik menjadi khazanah budaya kita, khususnya di Jatim. Apalagi dunia sudah mengakui kalau batik menjadi salah satu budaya dunia yang berasal dari Indonesia," kata Soekarwo.

Menurutnya, batik menjadi salah satu pakaian resmi pada hari-hari tertentu guna mengangkat kesejahteraan perajin batik. Ditambahkan, dengan mengenakan batik akan menumbuhkan rasa bangga dan percaya diri sebagai pakaian yang diakui dunia.

Potensi batik di Jatim cukup bagus. Terbukti, hampir setiap daerah di Jatim memiliki ciri tersendiri baik motif dan coraknya. "Di Madura, ada batik khas Madura. Surabaya, Sidoarjo, Jombang, dan daerah lain. juga punya ciri sendiri. Ini potensi yang sangat luar biasa," sambungnya.

Terkait itu, berama Muspida, Gubernur Jatim Soekarwo memberikan apresiasi untuk melindungi industri batik dalam negeri. Agar makin berkembang juga diharapkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Jatim.

Laporan: Tudji Martudji | Surabaya 

Chandrika Chika.

5 Kontroversi Chandrika Chika, dari Hubungannya dengan Thariq Halilintar hingga Tersandung Narkoba

Chandrika Chika, tak henti-hentinya menggemparkan publik dengan berbagai kontroversi dan saat Chika resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan kasus narkoba

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024