Hobi Kapolda Jabar Anton Charliyan dan Akik Garut

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Anton Charliyan bersama pemilik Lasminingrat Gamestone Garut Yudi Nugraha, Minggu (23/7/2017). Anton adalah kolektor batu akik Garut.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat

VIVA.co.id – Kapolda Jawa Barat Irjen Polisi Anton Charliyan ternyata penyuka sekaligus kolektor batu akik khas Garut. Ini ditunjukkan Anton saat berkunjung ke Kecamatan Karangpawitan Garut dengan mengenakan cincin batu hijau dan liontin.

Batu Akik Paling Langka hingga Pakar Khawatirkan Varian Deltacron

Diketahui, untuk cincin batu hijau yang melingkar di jari Anton, itu adalah cincin juara Piala Presiden tahun 2015 milik Galeri Lasminingrat Garut. Sementara liontin miliknya adalah edisi khusus PON XXI Jabar kualitas terbaik di Garut yaitu berasal dari bahan batu Darson.

"Bahan batu akik darson sendiri sudah rekomendasi laboratorium ahli perbatuan Sujatmiko," ujar pemilik Lasminingrat Gamestone Garut Yudi Nugraha, Minggu, 23 Juli 2017. 

5 Batu Akik Paling Langka dan Mahal di Dunia

Batu akik asli Garut asal Kecamatan Bungbulang Garut ini memang menjadi rebutan kolektor batu di Indonesia bahkan dunia. Keunikan batu akik Garut, selain indah dipandang, juga memiliki usia batu yang mencapai 25 juta tahun dengan kekerasan 7 skala most.

"Beliau (Kapolda Jabar) salah satu kolektor batu. Alhamdulilah mudah-mudahan batu Garut bisa dilestarikan, dimiliki oleh orang Indonesia tidak kalah lari ke luar negeri," ungkap Yudi. 

Yuk Coba, 3 Hobi di Rumah Ampuh Redam Stres

Yudi menyebutkan, saat ini terdapat 40 seri batu akik yang sudah diminta oleh perwakilan duta besar luar negeri. Seluruh batu itu didesain berbentuk Kujang yang merupakan simbol Jawa Barat, dan kini telah diberikan langsung oleh Bupati Garut Rudy Gunawan saat kunjungan kerja ke Eropa dan Asia.

"Jadi batu akik Garut juga sudah dimiliki oleh sejumlah negara di Eropa, sebagai suvenir yang diberikan Pak Bupati," katanya. (one)

Gustama dan Nabila, anak pasutri korban pembunuhan di Tulungagung

Duga Ada Kejanggalan, Anak Pasutri Korban Pembunuhan Kejam di Tulungagung Minta Tolong Hotman Paris

Kasus pembunuhan pasangan suami istri di Kecamatan Ngantru, Tulungagung masih menyisakan tanda tanya di benak keluarga. Mereka menilai ada kejanggalan dalam pengungkapan.

img_title
VIVA.co.id
13 Juli 2023