HTI Dibubarkan, Ini Sikap GP Ansor

Sekretariat organisasi Hizbut Tahrir Indonesia Jawa Barat di Kota Bandung pada Rabu, 19 Juli 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman

VIVA.co.id – GP Ansor menilai sikap pemerintah membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia, merupakan langkah tepat. Hal itu untuk melindungi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Terpopuler: Ustaz Syafiq Basalamah Lancar Isi Kajian di Surabaya, Lonjakan Suara PSI Tak Masuk Akal

"Sikap kami terhadap HTI bahwa kami tidak pernah menyatakan dia kafir. Yang membedakan kami hanya aqidah kebangsaannya," ujar  Sekretaris GP Ansor Pusat, Adung Abdulrahman seusai pelantikan pengurus GP Ansor DPC Kota Bandung di Pendopo, Jumat malam, 21 Juli 2017.

Menurut dia, penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang - undang (Perppu) Nomor 2/2017, tentang Organisasi Kemasyarakatan, harus didukung penuh untuk menjaga keutuhan NKRI.

Guru Besar UMJ Ingatkan Gerakan Pro-Khilafah Masih Eksis di RI dengan Modus Baru

"Sikap Ansor adalah mendukung langkah pemerintah, karena kita sudah lama sekali melihat beberapa ormas, termasuk HTI yang punya agenda untuk mendirikan satu negara yang berbeda dengan negara yang sudah kita miliki," ujarnya

HTI, menurutnya, kerap memberikan pemahaman yang bersinggungan dengan Pancasila. Lantaran itu, langkah pemerintah mengambil keputusan membubarkan, perlu didukung penuh.

Menag Yaqut Buka Suara Soal HTI Diduga Gelar Kegiatan di TMII

Sebelumnya, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Dirjen AHU Kemenkumham), Freddy Harris menjelaskan, Kemenkumham memiliki kewenangan legal administratif dalam aturan pengesahan perkumpulan atau ormas.

Pencabutan SK telah dilaksanakan pada Rabu, 19 Juli 2017. Pemerintah mengatur penindakan dan sanksi kepada ormas melalui Perppu Nomor 2 Tahun 2017.

Gowes Ansor 90 Kilometer

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor menggelar gowes atau bersepeda santai sepanjang 90 kilometer dari Jakarta ke Bogor, Jawa Barat pada Minggu, 21 April 2024. Kegiatan ba

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024