NASIONAL

Padang Gempa, Gunung Talamau Mengeluarkan Api

Energi gempa tremor gunung meningkat. Tapi, "bukan berarti diikuti letusan."
Kamis, 1 Oktober 2009
Oleh : Elin Yunita Kristanti

VIVAnews -Gempa dahsyat sebesar 7,6 Skala Richtrer terjadi di Sumatera Barat pada pukul 17.16 WIB, Rabu 30 September 2009. Tak hanya menyebabkan korban tewas dan kerusakan, gempa juga memicu peningkatan aktifitas gunung berapi.

Kepala Pusat Vulkanologi, Mitigasi, Bencana, dan Geologi Direktorat Jenderal Energi dan Sumber Daya Mineral, Surono mengatakan ada tiga gunung berapi di sekitar pusat gempa yakni Marapi, Tandikat, dan Talamau.

"Saya mendapat laporan Gunung Marapi, Tandikat, tidak ada peningkatan aktifitas," kata Surono ketika dihubungi VIVAnews, Kamis 1 Oktober 2009.

Kondisi berbeda terjadi di Gunung Talamau, "Gunung Talamau pada pukul 03.00 sampai pukul 04.00 pagi, terlihat api diam di puncaknya," tambah dia.

Api tersebut kemudian tak terlihat kembali. Gempa, kata Surono, meningkatkan getaran vulkanik atau tremor. Energi gempa tremor pun meningkat.

Namun, jangan khawatir, "bukan berarti diikuti letusan," jelas dia.

Sejauh ini, lanjut Surono, belum ada perintah pengungsian bagi warga masyarakat yang tinggal di sekitar tiga gunung tersebut. "Nanti akan ada peringatan tersendiri," tambah dia.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found