Lampu Jalan Korsleting, Belasan Rumah di Medan Terbakar

Api melahap bangunan padat penduduk di Medan, 20 Juli 2017.
Sumber :
  • Viva.co.id/Putra Nasution

VIVA.co.id – Kebakaran terjadi dipemukiman padat penduduk di Jalan HM Yamin Gang Lurah, Kelurahan Sei Kera Hilir, Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis malam, 20 Juli 2017, sekitar Pukul 22.10 WIB. Akibatnya, 15 unit rumah ludes dilalap si jago merah.

Kebakaran di Pemukiman Padat Penduduk di Medan, 1 Orang Tewas

Belum tahu persis, penyebab kebarakan tersebut. Namun, dari kesaksian warga sekitar, yang menyaksikan pertama api itu, Zulham Effendi mengatakan api muncul akibat korsleting listrik dari lampu penerangan jalan yang terpasang di depan rumah bernomor 24 di gang tersebut.

Zulham menyebutkan Rumah itu dihuni Yerni Deswita dan keluarganya. Tiba-tiba api langsung membesar. Otomatis warga sekitar panik melihat api merabat rumah Yerni berada di lantai II.

Lapak Bangunan Semi Permanen di Kedoya Dilalap Si Jago Merah

"Waktu kita sadar api tiba-tiba udah besar di rumah itu. Kita langsung panik dan mencoba memadamkan api dengan alat seadanya,"kata Zulham saat dijumpai di lokasi kebakaran.

Dengan kondisi kepanikan, warga sekitar melakukan pemadaman api seadannya. Namun, api terus membesar. Kemudian, dengan cepat api merambat ke rumah lainnya. "Begitu api membesar, kita semua panik. Lalu api tak terkendali lagi, setelah kami upaya pemadaman sementara," katanya.

Toko Cat Terbakar, Bapak Tewas dan Anaknya Kritis

Tak lama berselang, petugas pemadaman kebaran dari Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (DP2K) Kota Medan melakukan proses pemadaman. Seluruh armada dikerahkan untuk menjinakan api yang membakar belasan rumah warga tersebut.

Dari pantauan VIVA.co.id di lokasi kebakaran, telihat petugas pemadam kebakaran kesulitan mengakses pusat api karena lokasi kebakaran berada di gang sempit. Padatnya warga yang menyaksikan kebakaran juga menghambat para petugas.

Selanjutnya, petugas pemadaman kebakaran dibantu warga sekitar? berhasil menjinak api dengan menelan waktu sekitar 3 jam. Hingga Jum'at dini hari, 21 Juli 2017, sekitar pukul 01.05 WIB. Terlihat petugas pemadam kebaran tengah melakukan pendinginan terhadap material bangunan rumah yang terbakar untuk mencegah kebakaran susulan.

Menurut data Badan Penangulangan Bencana Daerah ?(BPBD) Kota Medan, tercatat rumah terbakar sekitar 15 unit rumah terbakar dan kebakaran ini, tidak menimbulkan korban jiwa.

Sementara itu, petugas kepolisian setempat dari Polrestabes Medan, langsung melakukan penyidikan untuk mengetahui persis kebakaran tersebut. Sedangkan, warga korban kebakaran mengungsi di rumah kerabat tetangga disekitar lokasi kebakaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya