Kronologi Hilangnya Pesawat AMA di Papua

Kondisi jalur darat yang menghubungkan antara Wamena ke Mumugu di Papua
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA.co.id – Sebuah pesawat jenis Pilatus Porter milik Associated Mission Aviation (AMA) hilang kontak dalam perjalanan dari Wamena Jayapura menuju Darakma Papua, Rabu, 5 Juli 2017.

Aparat Gabungan TNI-Polri Rebut Wilayah Homeyo Intan Jaya Papua dari OPM

Pesawat berisi muatan 703 kilogram yang terdiri dari beras, mi instan dan bahan pokok lain serta tiga penumpang ini dikabarkan putus komunikasi setelah delapan menit lepas landas dari Bandara Wamena.

Dalam laporan kepolisian, diketahui pesawat ini terakhir berkomunikasi ke ATC Wamena lewat radio pada pukul 11.00 untuk menginformasikan waktu pendaratan di Darakma sekira pukul 11.25 waktu setempat.

Relawan Prabowo G-Nesia Banjir Dukungan Usai Pilpres, Diah Warih: Alhamdulillah

"Tapi, pada pukul 11.08, ATC Wamena mendengar suara tidak jelas yang berasal dari radio pesawat AMA PK-RCX tersebut," ujar Juru Bicara Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal.

Pesawat ini sebelumnya terbang sejak pukul 08.41, dari Jayapura menuju Tanime. Lalu terbang lagi dari Tanime ke Wamena pada pukul 09.00. Dan terakhir pada pukul 11.00 untuk tujuan Wamena ke Darakma.

Dua Pelaku Penganiayaan Berat terhadap Bripda Oktavianus Masih Buron

Sejauh ini, upaya pencarian masih dilakukan. Mengenai informasi data penumpang, diketahui pesawat ini diawaki oleh Pilot Wauters Mulder dan Co Pilot Valens Ido Naibaho. Untuk identitas penumpang masih menunggu data manifest dari AMA Wamena.

Sementara itu, Kepala AMA Papua Djarot Sutanto, mengakui pesawat milik mereka telah hilang kontak dalam perjalanan dari Wamena menuju Darakma. Ia pun membenarkan upaya pencarian pun masih dilakukan.

"Sekarang sedang dilakukan pencarian dengan jalan darat," ujar Djarot.

Perjalanan dari Wamena menuju Darakma sedianya bisa ditempuh dengan 30 menit penerbangan atau tiba pada pukul 11.30 waktu setempat. Namun kapal itu telah hilang tak lama usai lepas landas. "Pesawat baru terbang 8 menit, langsung hilang kontak," ujarnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya