JK: Rekonsiliasi Tak Pengaruhi Proses Hukum atas Rizieq

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab.
Sumber :
  • Anwar Sadat

VIVA.co.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan rekonsiliasi atau tindakan pemulihan hubungan antara pemerintah dan sejumlah ulama yang sedang berurusan dengan hukum tidak akan memengaruhi proses hukum yang telah berjalan terhadap mereka.

Habib Rizieq Menikah Lagi karena Diminta Ketujuh Anaknya

Hal itu berlaku juga terhadap Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab.

Rizieq, yang saat ini tersangkut kasus pesan mesum, menawarkan rekonsiliasi dengan pemerintah. Namun, Rizieq beberapa kali mangkir dari panggilan Kepolisian Daerah Metro Jaya yang melakukan penyelidikan terhadap kasus pornografi. Dia beberapa pekan lalu ke Arab Saudi dan dikabarkan juga ke Yaman dan sampai belum berencana pulang ke Tanah Air.

Top Trending: Istri Baru Habib Rizieq, Isi Ramalan Jayabaya hingga Nonis Diteriaki Emak-emak

"Saling rekonsiliasi itu bisa terjadi walaupun juga hukum tetap berjalan. Ada batas-batas, begitu," ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa 4 Juli 2017.

Menurut JK, jika pun terjadi, proses rekonsiliasi tetap membutuhkan kajian-kajian mendalam. Selain Rizieq, ulama yang juga sedang berurusan dengan hukum adalah Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI), Muhammad Al Khathtath. Khathtath ditangkap karena diduga memiliki rencana menggulingkan pemerintahan menjelang 'Aksi 313' beberapa waktu yang lalu.

Sosok Muna Hasinah Alaydrus, Istri Baru Habib Rizieq yang Terpaut Usia 27 Tahun

Meski demikian, JK tetap menegaskan, rekonsiliasi dalam bentuk apapun tidak akan pernah dapat memengaruhi proses hukum yang telah berjalan.

"Semua orang di Indonesia ini sebagai warga negara, ya tentu bisa diadakan rekonsiliasi. Terkecuali kita tidak (bisa melakukan) rekonsiliasi yang mempunyai tindakan hukum," ujar JK. (ren)

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memimpin upacara kenaikan pangkat pati

Top Trending: Kisah Jenderal Agus Subiyanto, Sosok Aiptu FN hingga Istri Baru Habib Rizieq

Sederet berita viral di kanal trending paling banyak dibaca. Seperti kisah unik Jenderal Agus Subiyanto, sosok Aiptu FN, sosok Enzo Allie, hingga istri baru Habib Rizieq.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024