Obama Puji Toleransi di Indonesia

Ini yang Dilakukan Obama saat Bertemu Presiden Jokowi di Kebun Raya Bogor
Sumber :
  • REUTERS/Adi Weda/Pool

VIVA.co.id – Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama memberikan pidato sambutannya dalam acara 4th Congress Of Indonesian Diaspora 2017 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu 1 Juli 2017. Kehadiran Obama disambut meriah oleh sejumlah tokoh yang hadir, mulai dari Menteri, sejumlah tokoh politik hingga selebriti Indonesia. 

Dubes RI untuk Singapura Apresiasi Promosi 10 Bali Baru Lewat Buku

Ketua Board of Trustees Indonesian Diaspora Network Global, Dino Patti Djalal mengungkapkan, dalam pidato yang disampaikan Obama, toleransi akan keberagaman sangat ditekankan. Hal itu menjadi penting di samping sejumlah pesan lain yang disampaikan, yaitu terkait bagaimana menghadapi globalisasi dan upaya agar para pemuda dapat beradaptasi dalam mengambil keuntungan dalam globalisasi. 

"(Obama) memuji di Indonesia Bhineka Tunggal Ika, multikulturalisme, toleransi, yang membuat Indonesia terpandang di dunia, makanya kita jangan sampai kehilangan itu," kata Dino di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu 1 Juli 2017. 

Resmi Dilantik, Joe Biden Serukan Persatuan dan Akhiri Perang

Lebih lanjut, menurut dia, kerja sama Obama dengan Presiden Jokowi sebelumnya, berjalan cukup baik. Hal ini yang perlu dipertahankan.

"Kerja sama dengan Presiden Jokowi sangat baik sehingga berharap Obama menjadi sahabat yang baik bagi Indonesia," ungkapnya. 

Warga Indonesia di AS Ikut Waswas Jelang Pelantikan Joe Biden

Dalam kesempatan tersebut, Dino juga menegaskan, diaspora adalah aset yang sangat berharga bagi Indonesia. "Diaspora ini bisa menjadi kekuatan ekonomi yang luar biasa," tambahnya.

Ia mencontohkan saat ini ada setidaknya 227 juta orang yang lahir di luar negeri. Semangat Diaspora pun bisa menjadi semangat bangsa untuk maju.

"Apa yang bisa kita lakukan untuk indonesia. Di mana pun mereka berada hatinya selalu untuk Indonesia," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya