Menhub Berencana Perluas Rest Area di Tol

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat berkunjung ke Stasiun Poncol Semarang
Sumber :
  • Dwi Royanto (Semarang)

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengapresiasi sejumlah pihak yang terus bekerja keras untuk melakukan pelayanan terbaik pada arus mudik lebaran 2017. Menhub menyebut, arus mudik tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

Menhub Tinjau Lokasi Calon Bandara Penunjang Ibu Kota Baru

"Banyak yang menilai, arus mudik kali ini lebih baik. Dan yang bisa menilai orang lain, bukan kami. Harapan kita bersama memang seperti itu," kata Budi Karya saat meninjau arus balik di Semarang, Jawa Tengah, Kamis 29 Juni 2017.

Meski dinilai berlangsung lebih baik, Menhub menyebut masih ada sejumlah hal yang patut dievaluasi terkait arus mudik beberapa hari terakhir. 

Menhub Ikut Lepas Ekspor 262 Gerbong Barang ke Selandia Baru

Pertama, ia melihat perlu adanya manajemen waktu yang baik tentang kapan waktu yang tepat untuk pemudik melakukan perjalalanan. Pola ini harus diketahui pemerintah, agar pemudik tidak terus berjalan berbarengan pada waktu tertentu. 

"Seperti diketahui, pada hari pertama (lebaran) ada satu lonjakan yang tidak kami perkirakan, setelah salat Id. Nah, ini perlu kami rencanakan dengan baik," ujarnya menjelaskan.

Jelang Diresmikan Jokowi, Menhub Cek Kondisi Bandara Tebelian

Kedua, ia akan mengevaluasi terkait tempat istirahat atau rest area. Saat arus mudik tahun lalu, banyak terjadi kemacetan yang diakibatkan penumpukan dan antrean kendaraan di kawasan tersebut.

"Semestinya dibuat lebih besar, supaya bukan saja tempat makan dan salat, tapi juga tempat parkir yang luas untuk pemudik  melepas kepenatan," tuturnya. 

Evaluasi lainnya, kata Menhub, adalah terkait peningkatan komunikasi yang baik oleh seluruh pemangku kepentingan. Selain Polri, komunikasi juga dibangun dengan asosiasi-asosiasi angkutan darat. 

"Saya katakan, koordinasi dengan Polri dengan baik menjadi pola mudik yang bagus. Dan yang lain adalah kami akan melibatkan secara intens para asosiasi. Hari ini Kadin mendukung imbauan Kemenhub untuk menunda (perjalanan) truk hingga Senin mendatang," ujarnya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya