Menhub Ajak Pemotor Balik ke Jakarta Gratis Naik Kapal

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah).
Sumber :
  • Dwi Royanto (Semarang)

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, melepas acara balik gratis bagi pemotor dengan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Kamis sore 29 Juni 2017. Budi menyebut, program tersebut terbukti ampuh menekan kecelakaan di jalan raya.

Usai Libur 17 Agustus, Arus Balik di Tol Jakarta Cikampek Ramai Lancar

Dalam kesempatan itu, Menhub melepas 132 penumpang dengan 51 sepeda motor, yang diberangkatkan menggunakan KM Mutiara Sentosa III. Kapal besar tersebut berangkat perdana pada arus balik menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Menhub mengaku, warga Jawa Tengah masih bisa memanfaatkan program mudik motor tersebut untuk arus balik lebaran. Apalagi, Jawa Tengah menyumbang jumlah terbanyak pemudik yang menggunakan sepeda motor.

422 Ribu Kendaraan Menuju Jakarta di H+6 Lebaran

"Kami menyediakan balik motor gratis. Hari Jumat masih ada empat kali lagi (perjalanan ke Jakarta). Maka, gunakan itu gratis, baik orang maupun motornya," ujarnya.

Menurutnya, angkutan gratis bagi pengguna sepeda motor tujuan Jawa Tengah dengan kapal laut masih kurang diminati.

Cara yang Dilakukan Polda Jatim Cegah Warga Balik ke Jakarta

"Mungkin karena kebiasaan pemudik Jateng yang tidak biasa menggunakan kapal laut sebagai transportasinya. Makanya, harus terus kami sosialisasikan,” ujarnya menambahkan.

Tahun ini, Kementerian Perhubungan menyiapkan 22 ribu angkutan gratis bagi pemotor via kapal laut. Lebaran tahun depan diharapkan bisa meningkat hingga 100 ribu. (mus)

mudik gratis motor.

Kuota Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut Sudah Terisi Lebih 50 Persen

Antusiasme masyarakat untuk mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut cukup tinggi. Saat ini, kuota sudah lebih 50 persen terisi.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2023