Antrean Kendaraan Belum Terlihat di Pelabuhan Bakauheni

Kepadatan di loket tiket pejalan kaki Pelabuhan Bakauheni Lampung.
Sumber :
  • Ardian (Lampung)

VIVA.co.id – Arus balik penumpang yang hendak kembali ke tempat asalnya di pulau Jawa mulai terlihat di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Kamis 29 Juni 2017.

Banyak Pengendara Tak Lolos Penyekatan Arus Balik Tol Kalikangkung

Pantauan VIVA.co.id di lokasi,  pihak PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan Ferry (ASDP) cabang Bakauheni juga menyiapkan loket khusus untuk antrean pemudik wanita, ibu hamil, ibu yang membawa balita, dan lansia.

Tampak ribuan pemudik silih berganti mengalir memenuhi Pelabuhan Bakauheni. Meski belum memasuki puncak arus balik, namun petugas di seluruh loket pintu masuk mulai sibuk melayani  penumpang yang ingin melakukan pelayaran menuju Pulau Jawa . 

Arus Balik Pemudik Roda Dua Menyemut di Pantura Minggu Malam

Sejumlah pemudik beralasan, mereka balik lebih awal karena ingin memanfaatkan sisa waktu libur untuk bersilaturahmi dengan para tetangga serta sanak keluarga yang tidak melakukan mudik lebaran. 

Seorang pemudik, Anita, yang bekerja sebagai karyawan bank mengaku, kembali dari mudik hari ini karena sudah akan bekerja besok. "Pulang duluan, Karena Jumat ini mau kerja. Lagian mau silaturahmi sama tetangga di sana yang tidak mudik," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Puncak Arus Balik 16 Mei 2021, Polri Perketat Perbatasan Jabodetabek

Kendati jumlah penumpang mulai meningkat,  namun suasana di pelabuhan sejauh ini tetap lancar. Tidak terlihat adanya penumpukan penumpang maupun antrean panjang kendaraan. Kepadatan hanya tampak di loket tiket pejalan kaki. 

Diprediksi, puncak arus balik penumpang di Bakauheni Lampung akan terjadi pada tanggal 30 Juni hingga 2 Juli 2017 mendatang. 

Untuk mengurangi penumpukan penumpang pejalan kaki,  ASDP cabang Bakauheni juga menyiapkan strategi khusus. Hal ini diungkapkan oleh General Manajer ASDP Bakauheni, Edi Hermawan.

"Jika nanti terjadi antrean panjang, penumpang kami antar menggunakan shuttle bus menuju dermaga yang sudah disiapkan," ujarnya.

Edi menambahkan,  penumpang yang menggunakan shuttle bus diarahkan menuju Dermaga 5, 6 dan 7. Sementara, penumpang yang akan menuju dermaga 1, 2 dan 3 tetap melalui jalur pejalan kaki. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya