Korlantas Polri: Arus Balik Sudah Terlihat Hari Ini

Lalu lintas pemudik di tol Brebes-Gringsing saat Lebaran 2017. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • Dok. Jasa Marga

VIVA.co.id - Kabagops Korlantas Polri, Kombes Pol Benyamin, mengatakan sudah ada peningkatan arus balik lebaran pada hari ini, Kamis 28 Juni 2017. Hal itu terlihat sudah mulai banyaknya kendaraan yang memasuki ruas tol termasuk tol fungsional.

Sukses di Mudik Lebaran, Menhub Beri Penghargaan Kakorlantas

"Sudah ada peningkatan (kendaraan) tapi masih mengalir lancar. Dari Gringsing sudah banyak masuk ke tol fungsional dari arah Semarang. Lalu dari arah Purwokerto juga sudah ada peningkatan cukup tajam juga tapi masih lancar, mengalir menuju ke Pejagan. Purwokerto Prupuk mengarah ke Pejagan itu sudah lumayan banyak kendaraan," kata Benyamin kepada VIVA.co.id, Kamis 29 Juni 2017.

Ia pun memprediksi, volume kendaraan akan bertambah hingga sore nanti. Polri, katanya, sudah melakukan persiapan menghadapi arus balik mulai hari ini. Salah satunya akan dilakukan rekayasa lalu lintas contra flow jika nantinya terjadi kepadatan.

Kecelakaan Mudik Turun Buat Keuangan Jasa Raharja Aman

"Nanti sore mungkin ketemunya di Palimanan. Ketemunya kan di antrean tol Palimanan jadi tidak masalah. Sementara kita buka (gerbang tol) maksimal. Nanti jika ada kemacetan di KM 66 atau 68 yaitu pertemuan Cipularang dan Cilpali akan kita buat contraflow. Tapi sementara ini belum (contraflow)," ujarnya.

Ia pun berharap, puncak arus balik akan terjadi pada hari ini. "Mudah-mudahan hari ini. Saya lihat dari Purwokerto sudah banyak nih. Terus dari arah timur juga sudah banyak. Tetapi prediksi kita sebelumnya hari Jumat dan Sabtu karena mendekati tutup libur. Tetapi mudah-mudahan dengan imbauan kita hari ini, sehingga besok berkurang (volume kendaraan) karena berbarengan truk," katanya.

Pemerintah Beberkan Kunci Sukses Mudik 2017

Ia menambahkan, untuk arus balik daerah selatan dan Jawa Barat, hingga saat ini belum ada kepadatan yang cukup signifikan.

"Belum. Masih landai kayanya. Hari ini ramai dari Jawa Timur dan Jawa Tengah," ucapnya. (one)

15 Kementerian/Lembaga mendapat penghargaan penyelenggaraan lebaran 2017

UKP Pancasila Bagi-bagi Penghargaan Mudik Lebaran

Prestasi dilihat dari kerjasama antar lembaga.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2017