Lonjakan Penumpang Pesawat Diprediksi Minggu 2 Juli

Suasana calon penumpang di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar GM

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan memproyeksikan akhir pekan ini akan menjadi puncak arus balik Lebaran yang menggunakan moda transportasi udara. Perkiraan tersebut sejalan dengan moda transportasi udara yang memang jauh lebih praktis dibandingkan moda lainnya.

Ramp Check Angkutan Lebaran 2024, Dishub Tangerang: Bus Pakai Klakson Telolet Tak Laik Jalan

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Agus Santoso melalui teleconference di Posko Kemenhub, Kamis 29 Juni 2017 memperkirakan Minggu 2 Juli mendatang akan menjadi puncak arus balik yang menggunakan moda transportasi udara.  “Karena masih ada yang ingin memanfaatkan liburannya. Jadi memilih satu hari sebelum hari masuk kerja,” kata Agus.

Pemerintah bersama para pemangku kepentingan terkait pun telah melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan arus balik. Salah satunya, adalah dengan mengoperasikan penuh beberapa bandara seperti Soekarno Hatta, Jakarta dan Djuanda, Surabaya. 

Rehabilitasi Pasca Bencana, Jokowi: Gedung RSUD Anutapura Palu Pertama Pakai Sistem Shockbreaker

“Tapi untuk Yogyakarta, Solo, dan Semarang itu hanya akan beroperasi sampai pukul 24.00. Ini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga animo masyarakat bisa terpenuhi,” ujarnya.

Berdasarkan catatan Kemenhub, jumlah pemudik yang menggunakan moda transportasi udara pada tahun ini berhasil tumbuh 11,57 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Diharapkan, berbagai persiapan yang dilakukan bisa mengakomodasi kebutuhan pemudik pada arus balik.
 

Jokowi Resmikan Bandara SIS Al-Jufri dan Tiga Bandara di Sulawesi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) Resmikan Pelabuhan Wani Sulawesi Tengah

Jokowi Senang Pelabuhan Wani dan Pantoloan Berdiri Kokoh Lagi Usai Diguncang Tsunami Palu 2018

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meresmikan rehabilitasi dan rekonstruksi Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan di Kawasan Teluk Palu, Kabupaten Donggala, Sulawesi

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024