Puluhan Kios Pasar Pameungpeuk Garut Ludes Terbakar

Petugas polisi di tengah reruntuhan bangunan Pasar Pameungpeuk Garut.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Diki Hidayat.

VIVA.co.id - Puluhan kios Pasar Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat, ludes dilalap si jago merah, Rabu, 28 Juni 2017. Setelah tiga jam, api berhasil dijinakkan, tidak kurang dari 40 kios ludes terbakar dengan kerugian mencapai Rp2 miliar.

Ganjar Minta Kerugian Relokasi Pasar Johar yang Terbakar Dihitung

Camat Pameungpeuk, Hendra Gumiwang, mengatakan 40 kios yang terbakar berada di blok D3 dan C1. Upaya pemadaman api dilakukan oleh satu unit pemadam kebakaran yang dibantu aparat Kecamatan Pameungpeuk dan warga setempat.

"Sebanyak 40 kios ludes terbakar dengan nilai kerugian materi sebesar Rp2 miliar lebih," ujarnya, Kamis 29 Juni 2017.

Pasar Bawah Bukittinggi Kebakaran Lagi, Wali Kota Sebut Mencurigakan

Api begitu cepat merambat membakar kios-kios karena pada saat kejadian kebakaran angin bertiup begitu kencang. Akibatnya, selain bangunan kios, banyak barang dagangan yang ikut ludes terbakar.

"Selain bangunan kios yang habis, barang dagangan milik pedagang tidak bisa terselamatkan," ujar Hendra.

Pasar Sentral Wosi di Manokwari Kebakaran

Berdasarkan informasi yang dia peroleh, Hendra menuturkan bahwa asal mula api dari percikan api akibat hubungan arus pendek listrik dari salah satu kios. Hingga saat ini, petugas masih menghitung jumlah pasti kerugian akibat bencana kebakaran.

"UPTD Pasar saat ini tengah melakukan pendataan kios yang ludes di amuk si jago merah, termasuk menghitung kerugian materi yang sebenarnya," kata Hendra.

Ilustrasi pemadam kebakaran.

AKP Heri Jelaskan Kronologi Kebakaran Pasar Jibama Wamena

Puluhan kios di Pasar Jibama Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan, terbakar. Dalam kebakaran itu ada sebanyak 16 pintu kios hangus terbakar pada Minggu, 16 Juli

img_title
VIVA.co.id
16 Juli 2023