Angka Kecelakaan di Jatim Saat Arus Mudik Meningkat

Ilustrasi olah TKP.
Sumber :
  • Instagram Satlantas Polres Probolinggo

VIVA.co.id – Warga yang mudik ke kampung halaman saat lebaran mulai kembali ke kota-kota tempat mereka bekerja pada hari ini, Rabu, 28 Juni 2017.

Korlantas Polri Beri Bantuan ke Bocah SD yang Kecelakaan hingga Kaki Kanan Diamputasi

Di Jawa Timur, arus balik belum terlihat di jalanan, baik di jalan arteri maupun tol. Warga masih banyak yang memanfaatkan libur lebaran dengan mengunjungi tempat-tempat wisata. Salah satu kota wisata yang ramai dikunjungi ialah Malang dan Batu.

"Hari ini jalan menuju tempat wisata di Malang padat dari Pandaan, Pasuruan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi Frans Barung Mangera, saat ditemui di Markas Polda Jatim, Surabaya, Rabu, 28 Juni 2017.

Utamakan Keselamatan, Ini Tips Aman Berkendara Sepeda Motor

Untuk arus balik, jelas dia, kendaraan dari Jawa Timur menuju Jawa Tengah dan Jakarta mulai akan bergerak pada Jumat 30 Juni 2017. Begitu pula kendaraan bergerak dari daerah menuju Kota Surabaya. "Puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Sabtu sampai Minggu," tuturnya.

Dia berharap, warga yang akan kembali ke kota tidak satu ritme atau waktu, tetapi berbagi hari. "Kalau Jumat, tidak Jumat semua. Sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan, dan kami tidak kewalahan mengatur lalu lintas. Kami harapkan bisa berbagi hari," ungkapnya.

Geger, Polisi Kepergok Buang Jasad Korban Kecelakaan ke Sungai

Barung juga meminta pengendara memperhatikan rambu-rambu lalu lintas dan menaati arahan petugas di jalan, untuk menekan angka kecelakaan saat arus balik terjadi. Berdasarkan data pada saat arus mudik, angka kecelakaan di Jatim tertinggi secara nasional dan meningkat dibandingkan tahun lalu.

Sebanyak 498 kasus kecelakaan terjadi di Jatim hingga hari kesembilan Operasi Ramadniya. Dari kejadian itu, 87 orang meninggal dunia, 52 korban luka berat dan 726 luka ringan. Kerugian material Rp607,6 juta. (ase)

Karo Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko

Operasi Keselamatan 2024 Rampung, Catat 372 Orang Tewas Karena Kecelakaan

Operasi Keselamatan 2024 yang dilakukan Polri selama dua pekan sejak 4 hingga 17 Maret 2024, sudah rampung. Sebanyak 86.437 pengendara di Tanah Air, kedapatan melanggar.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024