Usai Istirahat, Obama Langsung Wisata ke Borobodur

Liburan Barack Obama dan Keluarga di Bali. Setelah dari Bali, Obama berencana ke Candi Borobudur.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wira Suryantala

VIVA.co.id – Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama beserta keluarga telah mendarat di Bandara Adisujtipto Yogyakarta, Rabu siang 28 Juni 2017.  Sejumlah pejabat dari Lanud Adustjipto, TNI AD dan pejabat Pemda DIY menyambut kedatangan mantan penguasa dua periode di negeri Paman Sam tersebut.

Warga Indonesia di AS Ikut Waswas Jelang Pelantikan Joe Biden

Obama beserta rombongan meninggalkan bace ops Lanud Adisutjipto dengan pengawalan ketat petugas dari Polri dan TNI AD menuju Hotel Tentrem di Jalan AM Sangaji, Jetis, Kota Yogyakarta.

Informasi yang beredar di kalangan media menyebutkan kedatangan Obama dan keluarga tidak menggunakan lobi depan hotel Tentrem namun melewati pintu belakang hotel.

Barack Obama Klaim AS Kini Lebih Terpecah-Belah

"Ya rombongan Barack Obama memang menginap di hotel Tentrem. Ada 20 kamar yang dipesan. Salah satunya President Suite Room yang harga sewa permalam mencapai Rp16 juta," kata Istijab Danunagoro, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia DIY, Rabu 28 Juni 2017.

Istirahat sejenak di hotel, rombongan Barack Obama akan melanjutkan perjalanan wisatanya ke Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah.

Barack Obama Sebut Tuduhan Kecurangan Pilpres AS Lemahkan Demokrasi

Kepala Unit Borobudur dan Manohara, Chrisna Murti mengatakan untuk rencana kedatangan Barack Obama bukan kewenangan kami untuk memberikan informasi kepada media. "Tanya polisi saja ya. Itu bukan kewenangan kami," kata dia.

Chrisna juga mengaku tidak mengetahui kedatangan rombongan Obama ke Candi Borobudur namun saat ini Borobudur masih dibuka untuk umum. "Ya buka seperti biasanya. Dibuka untuk wisatawan umum tidak ada penutupan," tuturnya.

Patrick Semasky/REUTERS

Resmi Dilantik, Joe Biden Serukan Persatuan dan Akhiri Perang

Dalam pidatonya, Joe Biden mengatakan demokrasi sangat berharga, tapi juga rapuh. AS sedang menghadapi saat yang penuh ujian.

img_title
VIVA.co.id
21 Januari 2021