87 Nyawa Melayang di Jalanan Jatim Selama Mudik Lebaran

Petugas memantau arus lalu lintas dari layar perekam CCTV jalan seluruh Jatim.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Angka kecelakaan lalu lintas saat arus mudik Lebaran di Jawa Timur masih tinggi. Tercatat sebanyak 87 orang meninggal dunia di jalanan Jatim sejak H-6 hingga H+3, Rabu, 28 Juni 2017. Jalur pantai utara tetap menduduki posisi pertama sebagai tempat paling banyak terjadi kecelakaan.

MUI Jawa Timur Keberatan Miftachul Akhyar Mundur dari Ketua Umum

Berdasarkan data yang diperoleh dari Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jatim, sebanyak 498 kasus kecelakaan terjadi di Jatim hingga hari kesembilan Operasi Ramadniya. Dari kejadian itu, 87 orang meninggal dunia, 52 korban luka berat dan 726 luka ringan. Kerugian materiil mencapai Rp607,6 juta.

Angka kecelakaan tersebut meningkat dibandingkan tahun 2016 pada momen mudik yang sama. Hingga hari kesembilan operasi, sebanyak 491 kecelakaan terjadi di jalanan Jatim pada tahun 2016. Korban meninggal 57 orang, luka berat 69 orang dan luka ringan. Adapun kerugian materiil Rp541,2 juta.

Harunya Pak Buari, Warga Terdampak Erupsi Semeru Dapat Hunian Baru

Kecelakaan yang terjadi masih didominasi jalur Pantura, seperti sepanjang jalan arteri Tuban, Pasuruan dan Probolinggo. "Angka kecelakaan ini pasti bertambah," kata Kepala Bidang Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, di Markas Polda Jatim, Surabaya, Rabu, 28 Juni 2017.

Dia menjelaskan, korban kecelakaan masih didominasi usia produktif, yakni 20-30 tahun. Adapun faktor utama kecelakaan ialah human error atau kelalaian pengendara. "Seperti kasus kecelakaan di Probolinggo yang menewaskan enam penumpang. Berdasarkan olah TKP, diduga karena kelelahan dan kelalaian pengemudi," ujar Barung.

Risma Ungguli Khofifah di Mata Emak-emak Jatim Versi Survei SSC

Untuk menekan angka kecelakaan pada arus balik, kata Barung, Polda Jatim tetap menyiagakan personil kepolisian di 227 pos pengamanan yang tersebar di jalur Pantura, tengah, maupun selatan wilayah Jatim. "Personil tidak akan kami tarik hingga Operasi Ramadniya selesai," ucapnya.

Barung berharap, pengendara selalu menaati rambu-rambu lalu lintas dan mengikuti arahan petugas di lapangan. "Pengendara diharapkan memacu kendaraannya se-efisien mungkin, tapi tetap menjaga keselamatan. Karena dari hasil analisa, 98 persen kecelakaan karena human error," katanya menambahkan.

Banjir masih menggenangi rumah warga di Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa, 15 Maret 2022.

Pesantren dan Ratusan Rumah Terdampak Banjir di Jember

BPBD mengatakan ratusan rumah, satu pesantren, tiga mushala, dan satu sekolah terdampak banjir yang terjadi di enam lokasi di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022