Truk Akan Beroperasi, Pemudik Harus Balik Besok

Antrean Pemudik Motor di Tol Merak
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yandi Deslatama

VIVA.co.id – Para pemudik Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah atau 2017 Masehi, diimbau untuk segera balik dari kampung ke Jakarta. Pemudik diminta untuk balik besok, Kamis, 29 Juni 2017.

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo mengatakan, imbauan itu dikeluarkannya karena truk-truk besar akan beroperasi lagi mulai Jumat, 30 Juni 2017. Dipastikan jalan-jalan yang dilintasi pemudik menjadi sangat padat.

"Bagi pemudik yang sudah cukup bersilaturahim dengan keluarga, kita imbau untuk bisa kembali lebih dahulu. Jangan nanti bertumpuk pada Jumat, Sabtu, karena diperkirakan (arus lalu lintas) akan padat," ujar Sugihardjo di Posko Harian Tingkat Nasional Lebaran Terpadu 2017 di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu, 28 Juni 2017.

Jelang Lebaran, Ini Pesan Gubernur Jabar untuk Pemudik

Menurut Sugihardjo, pembatasan truk-truk besar di jalur-jalur mudik tidak mungkin diperpanjang mengingat pembatasan telah dilakukan selama sembilan hari sejak H-4 Idul Fitri atau Rabu, 21 Juni 2017. Dengan demikian, pihak yang diminta menyesuaikan diri adalah para pemudik supaya bisa pulang lebih awal.

"Besok (truk besar) sudah ada yang mulai beroperasi, tapi kan baru sedikit. Jadi, hari ini dan besok pemudik bisa mulai pulang. Jumat arus lalu lintasnya sudah mulai padat," ujar Sugihardjo.

6 Rekomendasi PDPI, Jangan Mudik untuk Tekan Penularan COVID-19
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

Efek perkembangan kasus COVID-19 dari libur panjang Idul Fitri dan mudik lebaran baru tampak dua atau tiga minggu kedepan

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2021