Antisipasi Macet, Tiga Jalur Arus Balik di Jateng Dialihkan

Suasana di Simpang Jomin.
Sumber :
  • RTTMC Kemenhub

VIVA.co.id – Lalu lintas di tiga jalur arus balik Lebaran di Pulau Jawa terpaksa dialihkan pada H+2 Idul Fitri 1438 Hijriyah, Rabu 28 Juni 2017. Ketua Posko Harian Tingkat Nasional Lebaran Terpadu 2017 Kementerian Perhubungan Marta Hardisarwono mengatakan ketiganya adalah jalur non-tol Brebes, Simpang Jomin, serta Gadog.

Sukses di Mudik Lebaran, Menhub Beri Penghargaan Kakorlantas

Pengalihan dilakukan guna mencegah kemacetan terjadi di jalur-jalur utama mudik Lebaran itu. "Kita bukan merekayasa lalu lintas, tetapi mengalihkan ke jalur alternatif di sekitar jalur utama, yang ke arah utara dan selatan," ujar Marta di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu, 28 Juni 2017.

Ia menjelaskan bahwa pemerintah melalui Polri akan melakukan strategi serupa begitu potensi kemacetan muncul. Marta mencontohkan kepadatan arus kendaraan sepanjang 1,5 kilometer yang telah terjadi di Gadog pagi ini.

Kecelakaan Mudik Turun Buat Keuangan Jasa Raharja Aman

Saat lalu lintas tersendat, arus kendaraan segera dipecah sebelum jumlahnya terus bertambah. Hal itu dinilai masih efektif mencegah kemacetan terjadi di awal arus balik saat ini.

"Jadi saat kita melihat kalau sudah terjadi padat merayap, seperti di daerah yang dekat dengan tempat wisata, segera kita buat menjadi berangsur-angsur lancar," tutur Marta. (ren)

Pemerintah Beberkan Kunci Sukses Mudik 2017
15 Kementerian/Lembaga mendapat penghargaan penyelenggaraan lebaran 2017

UKP Pancasila Bagi-bagi Penghargaan Mudik Lebaran

Prestasi dilihat dari kerjasama antar lembaga.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2017