Petugas Siapkan Contra Flow Arus Balik di Tol Cikampek

Contra flow Tol Cikampek
Sumber :
  • Twitter.com/TMCPoldaMetro

VIVA.co.id – Banyaknya masyarakat yang memanfaatkan fasilitas rest area diprediksi menjadi salah satu penyebab kemacetan saat arus balik lebaran tahun ini. Kementerian Perhubungan bersama dengan Kepolisian dan pihak lainnya menyiapkan strategi untuk mencegah tersendatnya arus lalu lintas di dalam tol.

Tol Cikampek Macet Parah, Antrean Kendaraan Mengular hingga Belasan Kilometer

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan, Kemenhub melakukan koordinasi agar tidak terjadi penumpukan di ruas jalan tol, akibat dari banyaknya warga yang berhenti lama di rest area.

"Saya tadi malam sudah koordinasi dengan semua. Polisi tingkat Kapolda, Kapolres, diminta juga berhubungan dengan masing masing khususnya pengelola jalan tol," ujar Budi di Kantor Korlantas, Cawang, Jakarta Timur, Selasa 27 Juni 2017.

Demoi Buruh di Cibitung Bekasi Picu Kemacetan Tol Jakarta Cikampek

Sementara itu, Kepala Bagian Korlantas Polri, Kombes Pol Benyamin, mengatakan, ada tiga titik rest area yang berpotensi menyebabkan kemacetan saat arus balik nanti.

"Rest area itu ada di KM 62, KM 52, dan KM 42 di jalur B. Dari arah luar kota menuju Jakarta," kata Benyamin.

Direktur PT Bukaka Sofiah Balfas Jadi Tersangka Baru Korupsi Proyek Tol MBZ

Jika terjadi kepadatan kendaraan, Benyamin mengatakan, petugas kepolisian akan memberlakukan sistem contra flow (arus lawan arah) untuk mengurai kepadatan kendaraan yang melintas.

"Contra flow yang arus balik rencananya akan diberlakukan mulai dari KM 60 hingga KM 40. Ini untuk menghindari rest area yang ada di kM 62, KM 52 dan KM 42.  Jadi, kami loloskan itu, terutama yang dari arah Cipali. Kalau dari Cipularang, tidak bisa. Untuk pemberlakuan sistem ini situasional," tuturnya.

Ilustrasi Contraflow satu lajur arah Cikampek Utama

53 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta Melalu Tol Cikampek pada H-2 Natal

Sebanyak 53 ribu kendaraan tercatat meninggalkan Jakarta melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, Jawa Barat

img_title
VIVA.co.id
23 Desember 2023