Balik ke Jakarta, Pemudik Motor Bisa Manfaatkan Kapal Gratis

Ilustrasi pemudik menggunakan motor.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ardian

VIVA.co.id – Libur hari raya lebaran 2017 hampir selesai. Masyarakat yang merayakan hari raya di kampung halaman bersiap kembali ke Jakarta untuk melakukan aktivitasnya.

Arus Balik Pemudik Roda Dua Menyemut di Pantura Minggu Malam

Guna menyiapkan arus balik, Kementerian Perhubungan melakukan evaluasi. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan, ada tiga catatan guna menyiapkan arus balik yang nyaman bagi masyarakat.

"Pertama, saya berdiskusi dengan banyak pihak untuk melakukan manajemen pembagian waktu dari balik mudik ini. Kecenderungan, orang ingin tanggal satu dan dua Juli. Nah, itu akan menumpuk," kata Budi di Jakarta, Selasa 27 Juni 2017.

Puncak Arus Balik 16 Mei 2021, Polri Perketat Perbatasan Jabodetabek

Karenanya, warga yang hendak balik ke Jakarta diimbau untuk melakukan perjalanan sebelum tanggal tersebut. Kedua, kata Budi, kesiapan moda transportasi bus yang dipakai oleh warga masyarakat. Sebaiknya, masyarakat juga memilih bus yang sudah ditandai stiker laik jalan oleh Dinas Perhubungan.

"Harus memilih bus dengan stiker, dan saya sudah sampaikan kepada semua, kapolda, kapolres, dirlantas, untuk menindak bagi yang tidak berstiker. Karena, kami punya dua pengalaman yang menyakitkan, yakni kecelakaan oleh bus yang remnya blong," kata dia.

Kapolda Jateng: Penyekatan Mudik Selesai, Kini Fokus Arus Balik

Yang ketiga yakni soal masyarakat yang memilih balik dengan sepeda motor. Budi mengatakan, warga bisa memanfaatkan jasa mudik gratis dengan kapal laut dari Semarang. Sehingga, tidak perlu lelah berkendara sampai ke Jakarta.

"Berkaitan dengan sepeda motor, tadi sudah sosialisasi. Kami ingin yang mengendarai sepeda motor pulang dengan selamat, tanpa halangan apa pun. Kami mengerti Anda lelah, perjalanan panjang. Jadi pada saat ingin pulang di sana, istirahat dulu. Sebenarnya kalau mau, fasilitas mudik gratis dari Semarang masih ada," kata dia.

Penyekatan Arus Balik di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang.

Banyak Pengendara Tak Lolos Penyekatan Arus Balik Tol Kalikangkung

Sejumlah pengendara yang tak lolos penyekatan arus balik di tol Kalilangkung diketahui tak membawa surat negatif swab.

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2021