H+3 Lebaran, Pemudik Serbu Objek Wisata

Desa Wisata Pujon Kidul, Malang
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lucky Aditya/ Malang

VIVA.co.id – Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Sugihardjo mengatakan, jalur-jalur ke objek pariwisata terpantau padat sejak lebaran hingga hari ini. Sementara itu, situasi lalu lintas masih relatif lancar.

Pungutan Wisatawan Asing Baru 40 Persen, Pemprov Bali akan Sidak di Objek Wisata

"Seperti kita tahu, ke Anyer padat. Demikian juga ke arah Puncak, Sukabumi," kata Sugihardjo di posko mudik Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa 27 Juni 2017.

Ia menyebutkan, objek wisata lainnya yang terpantau padat di Jawa di antaranya Malang dan Magelang. Menurutnya, arus lalu lintas untuk ke objek pariwisata relatif lancar karena tak terkejar salat Id.

Sosok Rae Suryana Buat Sayembara Mendamaikan Dia dan Keluarga Dapat Rp250 Juta

"Karena memang tak mengejar salat Id, mereka lebih toleransi. Tiap tahun begitu," jelasnya.

Menurutnya, lebaran kali ini dari segi periode waktu dan wilayah, relatif terdistribusi dengan baik. Sehingga, arus lalu lintas relatif lancar. Meski begitu, agak sulit mengharapkan sama sekali tak ada kemacetan.

Begini Rencana Anies Basmi ‘Hengki-Pengki’ Pajak di Indonesia

"Karena, sarana kita tidak didesain mampu mengatasi hari puncak. Kalau itu yang kami desain, investasi sangat besar dan di luar periode puncak lebaran akan mubazir," ungkapnya.

Karena tak mungkin mendesain sarana untuk pemudik sekaligus masyarakat yang berwisata, maka yang bisa dilakukan kementeriannya yakni melakukan optimalisasi dan inovasi dari sarana yang telah ada.

"Pada masyarakat, yang tertib selama mudik dan mematuhi aturan petugas,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya