Demi Keselamatan, Pemotor Diimbau Gunakan Kapal Laut

Arus Balik Libur Penumpang Kereta Api
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA.co.id – Untuk keselamatan para pengguna sepeda motor dalam perjalanan arus balik Lebaran 2017, Kementerian Perhubungan menghimbau agar mereka memanfaatkan angkutan gratis kapal laut dari Tanjung Mas Semarang ke Tanjung Priok Jakarta.

Jokowi Senang Pelabuhan Wani dan Pantoloan Berdiri Kokoh Lagi Usai Diguncang Tsunami Palu 2018

"Kemenhub menganjurkan bagi pengguna sepeda motor pada masa arus balik lebaran lebih baik memanfaatkan program angkutan gratis dengan kapal laut. Jadi sepeda  motor dan dan penumpangnya diangkut gratis dengan kapal laut. Ini merupakan solusi yang lebih selamat, aman dan tanpa melelahkan," kata Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, J. A. Barata di Jakarta, Selasa 27 Juni 2017.

Penggunaan sepeda motor sebagai angkutan mudik lebaran masih menjadi pilihan pemudik dan terus meningkat setiap tahunnya. Melihat data kecelakaan tahun 2016, kecelakaan lalu lintas mencapai 2979 kecelakaan, dan 70 persen dari jumlah tersebut merupakan kendaraan roda dua (motor).

Ramp Check Angkutan Lebaran 2024, Dishub Tangerang: Bus Pakai Klakson Telolet Tak Laik Jalan

Kecelakaan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti kelelahan. Kemenhub menganjurkan pemudik yang akan kembali ke Jakarta memanfaatkan program angkutan gratis  dengan kapal laut bagi pengguna sepeda motor.

Barata mengatakan, pemudik sepeda motor khususnya pada saat arus balik harus mempunyai persiapan yang ekstra dibanding saat arus mudik ke kampung halaman.

Rehabilitasi Pasca Bencana, Jokowi: Gedung RSUD Anutapura Palu Pertama Pakai Sistem Shockbreaker

"Biasanya pada saat arus balik, spirit dan euforia pengendara motor sudah  berkurang, demikian juga energi dan perbekalan. Tentu ini juga ini berpengaruh pada tingkat konsentrasi dan daya tahan tubuh (kelelahan) dapat membuat risiko lebih berbahaya dalam mengemudi di jalan," ujarnya menambahkan.

"Dengan angkutan gratis kapal laut, para pesepeda motor yang akan kembali ke Jakarta dapat lebih selamat, aman dan nyaman menikmati perjalanan sambil beristirahat. Di kapal juga tersedia makan gratis,” ujar Barata.

Untuk itu, Kemenhub masih membuka program mudik gratis untuk arus balik ke Jakarta dengan kapal laut melalui Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang. "Ayo segera daftarkan. Masih ada slot tersedia dengan keberangkatan melalui Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang pada  29, 30 Juni dan 2, 4, 6 Juli 2017," katanya.

Pendaftaran mudik gratis dengan kapal laut dapat melalui online maupun offline, di antaranya, melalui online http://mudikgratis.dephub.go.id/ atau dapat datang langsung ke Pelabuhan Tanjung Emas. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya