Lalu Lintas Padat Merayap di Exit Tol Gringsing

Pertemuan arus lalu lintas dari exit tol Gringsing dan jalur Pantura.
Sumber :
  • Humas Polda Jawa Tengah

VIVA.co.id – Memasuki hari kedua Lebaran, arus mudik dari Jakarta menuju wilayah Jawa Tengah masih terus mengalir. Kondisi itu terlihat dari padatnya jumlah kendaraan pemudik di pintu keluar tol Gringsing, Batang.

Cerita Pemudik Dibantu Google Maps Hindari Kemacetan

Berdasarkan pantauan kamera CCTV Polda Jawa Tengah pada Senin malam 26 Juni 2017, jumlah kendaraan yang keluar dari tol darurat Gringsing menuju jalur Pantura terlihat padat merayap. 

Kepadatan juga terjadi dari arah jalur Pantura yang bersinggungan dengan pintu keluar tol. Meski terpantau padat, namun tidak terjadi kemacetan saat kendaraan dari dua jalur tersebut bertemu. 

Merasa Dibully, Habiburokhman Ancam Laporkan Para Netizen

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Polisi Djarod Padakova menyebutkan, kepadatan kendaraan pemudik pada hari H hingga H+1 lebaran ini menjadi fenomena baru. Meskipun, jumlahnya tidak seperti pada puncak arus mudik kemarin.

"Kondisi ini mungkin karena libur panjang. Tapi, ini jadi fenomena baru, " kata Djarod.

Pemudik Tiba, Selamat Datang Macet Jakarta

Atas hal itu, seluruh Polda Jateng bersama unsur terkait tetap siaga 24 jam. Diprediksi, arus mudik masih akan terjadi pada H+2 esok.

Rizal, salah seorang pemudik asal Depok mengaku, sengaja melakukan aktivitas mudik pada H+1 lebaran lantaran ingin kumpul dan liburan bersama keluarga di Kendal, Jawa Tengah. Ia sempat terjebak kemacetan sepanjang 52 kilometer dari Jakarta hingga Cikampek. 

"Saya berangkat dari Ibu Kota pada pukul tujuh pagi tadi. Di Cipali yang macet yakni di pintu masuk rest area, tapi masuk ke Jawa Tengah tidak macet, " katanya.

Ia mengaku sengaja menghindari jalur Pantura dan memilih jalur darurat tol Brebes-Gringsing, karena penasaran dengan jalur tersebut. Menurutnya, ruas itu bisa mengurai kepadatan Pantura.

"Kalau lihat informasi, tadi jalur Pantura, utamanya di kota seperti Tegal dan Pekalongan, macet. Jadi, pilih tol darurat dan keluar Gringsing, " katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya