Pemudik Diminta Antisipasi Truk Besar saat Arus Balik

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, meminta para pemudik agar kembali ke Jakarta tidak dalam waktu berbarengan. Hal ini lantaran libur cuti bersama Hari Raya Idul  Fitri cukup panjang.

Arus Balik Pemudik Roda Dua Menyemut di Pantura Minggu Malam

Dikatakan Budi, puncak arus balik libur lebaran diprediksi akan terjadi pada akhir pekan, yakni Sabtu 1 Juli 2017 dan Minggu 2 Juli 2017.

"Puncaknya arus balik akan tersebar, kalau menurut saya. Memang, favorit hari Sabtu atau Minggu," kata Budi di Jakarta, Senin 26 Juni 2017.

Puncak Arus Balik 16 Mei 2021, Polri Perketat Perbatasan Jabodetabek

Guna menghindari macet yang terjadi seperti pada musim mudik, masyarakat bisa kembali ke Jakarta sebelum akhir pekan. "Saya secara pribadi dan institusi mengimbau, kalau bisa optimal tanggal 29 Juni 2017," ujarnya.

Pemilihan waktu arus balik diperlukan, agar pengguna kendaraan pribadi tidak bentrok dengan kendaraan niaga atau truk. Budi mengatakan, truk akan diizinkan beraktivitas normal pada 30 Juni 2017.

Kapolda Jateng: Penyekatan Mudik Selesai, Kini Fokus Arus Balik

"Tanggal 30 itu truk sudah mulai bisa beroperasi. Kami sudah membatasi truk itu selama delapan hari. Jadi, enggak mungkin kami memperpanjang pembatasan truk itu. Kalau memang sudah tidak ada kegiatan lagi, lakukan balik ke Jakarta sebelum tanggal 30," tuturnya. 

Penyekatan Arus Balik di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang.

Banyak Pengendara Tak Lolos Penyekatan Arus Balik Tol Kalikangkung

Sejumlah pengendara yang tak lolos penyekatan arus balik di tol Kalilangkung diketahui tak membawa surat negatif swab.

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2021